14 Tips dan Trik Menggunakan File Explorer di Windows 10

|Diupdate 28 September 2020
0
53

Tips dan trik menggunakan file explorer Windows 10

File Explorer atau File Manager merupakan tool yang wajib ada pada sistem operasi Windows. Dengan menggunakan File Explorer anda dapat mengelolah dan mengatur file yang terdapat pada penyimpanan Laptop atau Komputer yang digunakan. Tapi, agar dapat digunakan secara efektif, maka anda perlu mengetahui beberapa tips dan trik dalam menggunakan File Explorer berikut ini.

Saat menggunakan Laptop atau Komputer, maka salah satu tool atau alat yang paling sering dibuka adalah File Explorer atau File Manager. Biasanya hal ini dilakukan untuk membuat, menghapus, menyalin, dan mengubah file serta masih banyak lagi aktivitas lain.

Umumnya, pengguna membuka File Explorer Windows kemudian langsung mencari file atau folder yang ingin dieksekusi. Tidak banyak yang tahu bahwa ada beberapa tips dan trik yang dapat digunakan untuk mengatur File Explorer seperti keinginan. Misalnya saja, anda dapat mengelompokkan file dalam sebuah folder agar terpisah berdasarkan aturan tertentu, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas beberapa tips dan trik menggunakan File Explorer atau File Manager Windows.

Tips dan Trik Menggunakan File Explorer di Laptop Windows

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa anda dapat mengatur File Explorer atau File Manager di Laptop Windows 10 yang digunakan agar sesuai keinginan. Atau, bisa juga terjadi perubahan yang tidak disengaja dan anda hendak mengembalikannya. Berikut beberapa tips dan trik dalam menggunakan File Explorer atau File Manager di Windows 10.

1. Mengganti Quick access Menjadi This PC

Tips pertama yang harus anda coba saat menggunakan File Explorer di Windows 10 adalah mengganti Quick acces menjadi This PC. Hal ini memang kurang disenangi beberapa pengguna ketika Windows 10 mengganti tampilan File Explorer saat pertama kali dibuka menjadi Quick acces. Padahal, sebelumnya ditampilkan This PC atau My Computer sehingga lebih mudah mengakses partisi.

Jika anda juga tidak suka dengan perubahan ini dan hendak mengembalikan tampilan pertama File Explorer agar menampilkan This PC dan daftar partisi maka silahkan baca panduan cara mengubah Quick access menjadi This PC. Setelah anda melakukan langkah-langkah tersebut, maka File Explorer Windows 10 akan kembali menampilkan daftar partisi saat pertama kali dibuka.

2. Menampilkan Detail File/Folder di Sisi Kanan

Tips kedua yang dapat anda lakukan adalah menampilkan preview atau detail sebuah file dan folder pada panel sebelah kanan File Explorer. Hal ini akan sangat bermanfaat jika anda hendak melihat preview dan detail sebuah file atau folder tanpa harus membuka properties file tersebut.

Preview atau detail file tersebut akan ditampilkan saat anda klik (bukan membuka) sebuah file atau folder. Misalnya saja, saat anda klik sebuah file gambar, maka akan ditampilkan preview gambar tersebut beserta beberapa informasi seperti dimensi gambar, ukuran, dan lainnya. Atau, jika anda klik file dokumen maka akan ditampilkan informasi berupa ukuran file, kapan dibuat, dan lain sebagainya.

Untuk mengaktifkan panel tersebut, silahkan klik tab View pada File Explorer. Kemudian, silahkan klik Details pane pada daftar opsi yang muncul. Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan shortcut Keyboard, silahkan tekan Alt + Shift + P.

Cara menampilkan details pane Windows

Setelah anda mengaktifkan panel tersebut, maka setiap informasi file yang anda klik akan ditampilkan pada panel sebelah kanan File Explorer. Anda juga dapat melihat ram Laptop hanya dengan cara klik pada This PC.

3. Menampilkan Preview File di Sisi Kanan

Tips lainnya yang dapat anda lakukan adalah untuk menampilkan preview file di panel sebelah kanan File Explorer. Sejauh ini fitur tersebut memang hanya efektif untuk menampilkan preview gambar. Jadi, jika anda senang dengan gambar dan ingin melihat gambar tanpa harus membukanya, maka silahkan aktifkan fitur ini.

Untuk mengaktifkan fitur ini, silahkan klik tab View pada File Explorer Windows yang digunakan. kemudian, pada daftar opsi yang muncul silahkan klik Preview pane. Anda juga dapat menggunakan shortcut Keyboard, yaitu dengan menekan Alt + P. Setelah itu, setiap kali anda klik gambar maka akan ditampilkan pada panel sebelah kanan File Explorer.

4. Menampilkan Item Checkbox

Tips selanjutnya adalah menampilkan item checkbox yang dapat anda gunakan untuk memilih beberapa file sekaligus. Biasanya anda dapat memilih beberapa file dengan cara menekan tombol Ctrl di Keyboard kemudian klik file yang hendak dipilih.

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka anda tidak perlu lagi menggunakan Keyboard hanya untuk memilih beberapa file. Anda hanya perlu mencentang pada checkbox file yang hendak dipilih.

Untuk mengaktifkan fitur ini, silahkan klik tab View pada File Explorer Windows. Kemudian, pada daftar opsi yang muncul silahkan centang Item check boxes. Setelah itu, maka akan muncul checkbox pada masing-masing file.

5. Menampilkan Extensi File

Tips ini memungkinkan anda untuk menampilkan ekstensi file tanpa harus melihatnya di properties. Jadi, anda dapat dengan mudah mengetahui ekstensi sebuah file.

Untuk melakukannya, silahkan klik pada tab View di File Explorer Windows. Kemudian, silahkan centang pada bagian File name extensions. Setelah itu, maka setiap extensi file akan disertakan pada nama file tersebut.

6. Menyembunyikan Beberapa File Sekaligus

Tips ini memungkinkan anda untuk menyembunyikan beberapa file dan folder sekaligus. Jika biasanya untuk menyembuyikan file perlu dilakukan satu per satu pada bagian properties, kini dapat dilakukan secara massal.

Untuk menyembunyikan file secara massal di File Explorer Windows, silahkan pilih semua file yang hendak disembunyikan. Selanjutnya silahkan klik tab View pada File Explorer, kemudian klik Hide selected items. Dengan demikian, semua file dan folder yang anda pilih akan disembunyikan.

Cara menampilkan checkbox pada masing-masing file

7. Menampilkan File yang Tersembunyi

Tips selanjutnya yang dapat anda gunakan adalah menampilkan semua file yang tersembunyi. Jadi, jika anda membuka sebua folder, maka anda dapat dengan mudah mengetahui file atau folder tersembunyi di dalam folder tersebut.

Untuk melakukan trik ini, silahkan klik tab View pada File Explorer Windows. Kemudian, pada daftar opsi yang muncul silahkan centang Hidden items. Setelah anda melakukannya, maka akan ditampilkan semua file dan folder yang tersembunyi pada File Explorer Windows.

8. Mengubah Ukuran Daftar File dan Folder

Tips selanjutnya yang dapat anda lakukan pada File Explorer Windows adalah mengubah tampilan atau ukuran daftar file dan folder. Anda dapat mengaturnya agar daftar file ditampilkan dengan icon yang besar hingga berupa daftar saja.

Untuk melakukannya, silahkan klik kanan pada File Explorer, kemudian arahkan kursor ke opsi View. Setelah itu, klik ukuran icon file atau folder yang diinginkan, mulai dari yang terbesar hingga terkecil.

Setelah anda melakukan perubahan, maka tampilan daftar file dan folder di File Explorer anda akan berubah. Perlu diketahui bahwa perubahan tersebut berlaku hanya pada folder tersebut dan tidak berdampak pada folder lain.

9. Mengubah Urutan File dan Folder

Tips selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah mengubah urutan file dan folder di File Explorer Windows. Anda dapat mengurutkannya berdasarkan nama, tanggal pembuatan, tipe file, dan ukuran.

Untuk mengubah urutan file dan folder, silahkan klik kanan pada File Explorer Windows, kemudian arahkan kursor ke Sort by. Setelah itu, pilih file atau folder tersebut hendak diurutkan berdasarkan apa.

10. Menghilangkan Pengelompokan File

Tips selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah menghilangkan pengelompokan file dalam sebuah folder. Biasanya secara tidak sengaja terjadi pengelompokan file sehingga kurang nyaman saat digunakan karena terdapat pemisah antar file.

Untuk menghilangkan pengelompokan tersebut, silahkan klik kanan pada File Explorer Windows kemudian arahkan kursor ke opsi Group by. Jika anda hendak menghilangkan pengelompokan file dan mengembalikannya menjadi daftar biasa, silahkan klik opsi (None). Setelah itu, maka daftar file akan kembali seperti semula tanpa ada pengelompokan.

Cara mengembalkan file yang berkelompok di File Explorer

11. Menyembunyikan Menu Ribbon

Tips menarik lainnya yang dapat anda lakukan adalah menyembunyikan daftar menu ribbon File Explorer. Menu ribbon sendiri merupakan daftar shortcut dari perintah yang terletak di bagian atas File Explorer dan biasanya sering dilakukan sehingga anda dapat lebih cepat mengaksesnya.

Jika anda ingin membuat area File Explorer yang menampilkan file dan folder menjadi lebih luas, maka silahkan menyembunyikan menu ribbon tersebut. Untuk melakukannya, silahkan klik tombol Minimise the Ribbon (icon arah atas) yang terdapat di bagian kanan atas File Explorer.

Setelah anda menyembunyikan menu-menu ribbon tersebut, maka area File Explorer untuk menampilkan file akan menjadi lebih luas.

12. Melakukan Rotasi Gambar dengan Cepat

Tips lainnya yang dapat dilakukan saat menggunakan File Explorer di Windows 10 adalah memutar atau merotasi gambar dengan cepat. Cara ini sangat tepat dilakukan jika anda memiliki sebuah gambar atau foto yang terbalik atau miring sehingga perlu dirotasi atau diputar.

Tentu saja anda tidak perlu menggunakan software edit foto untuk melakukan hal ini sehingga akan lebih mudah dan cepat. Untuk melakukan trik ini, cukup klik pada gambar yang hendak dirotasi. Setelah itu, klik pada tab Picture Tools kemudian klik Rotate left untuk memutar gambar ke kiri, dan klik Rotate right untuk memutar gambar ke kanan.

13. Mengubah Nama Banyak File Sekaligus

Tips yang tidak kalah penting adalah jika anda ingin mengubah atau mengganti nama banyak file secara bersamaan. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat jika anda hendak mengganti semua nama file menjadi seragam (terindeks) tanpa perlu mengubahnya satu per satu.

Untuk melakukannya juga sangat mudah, anda cukup blok semua file yang ingin diubah namanya sekaligus, kemudian klik Rename dan ketikkan nama file baru yang diinginkan. Setelah itu, nama semua file tersebut akan berubah menjadi seragam yang disertai angka indeks diakhir nama setiap file.

14. Memanfaatkan Shortcut Keyboard

Tentu setiap program sudah dibekali dengan shortcut atau pintasan Keyboard yang dapat digunakan untuk mempercepat penggunaan perintah. Hal ini juga terdapat pada File Explorer yang dapat dilakukan untuk mempercepat dan mempermudah anda dalam menggunakannya.

Ada banyak jenis kombinasi tombol Keyboard yang dapat ada gunakan dan terapkan saat sedang menggunakan File Explorer. Beberapa tombol shortcut File Explorer yang dapat anda gunakan adalah sebagai berikut.

  • Win + E : Membuka File Explorer.
  • Esc : Membatalkan operasi yang sedang berlangsung.
  • F2 : Mengubah nama file dan folder (Rename).
  • F2 kemudian Tab : Berurutan mengganti nama file secara cepat.
  • F3Ctrl + E atau Ctrl + F : Navigasi ke Search Box.
  • F4 : Membuka menu drop down address bar.
  • F5 : Refresh.
  • F6 : Navigasi antara panel path.
  • F10 : Menampilkan Menu Bar.
  • F11 : Mengubah window menjadi Fullscreen.
  • Home : Menuju file awal.
  • End : Menuju file akhir.
  • Panah atas/bawah : Bergerak ke atas/bawah.
  • Shift + F10 or Menu key : Membuka context menu (sama seperti klik kanan mouse).
  • Del : Menghapus file/folder.
  • Shift + Delete : Menghapus tanpa memindahkannya ke Recycle Bin (permanen).
  • Enter : Membuka file/folder.
  • Alt + Enter : Membuka jendela Properties.
  • Ctrl + X : Cut.
  • Ctrl + C : Copy.
  • Ctrl + V : Paste.
  • Ctrl + W atau Alt+F4 : Menutup jendela.
  • Ctrl + Z : Undo.
  • Ctrl + Y : Redo.
  • Ctrl + A : Select all.
  • Ctrl + N : Membuka jendela File explorer baru.
  • Ctrl + Shift + N : Membuat folder baru.
  • Alt + P : Membuka panel Preview.
  • Alt + Shift +P : Menampilkan detail File lebih terprinci.
  • Ctrl + + : Mengubah ukuran kolom.
  • Ctrl + Shift + 1 : Ukuran icon Extra Large.
  • Ctrl + Shift + 2 : Ukuran icon Large.
  • Ctrl + Shift + 3 : Ukuran icon Medium.
  • Ctrl + Shift + 4 : Ukuran icon Small.
  • Ctrl + Shift + 5 : Mengubah tampilan file menjadi List.
  • Ctrl + Shift + 6 : Mengubah tampilan file menjadi Details.
  • Ctrl + Shift + 7 : Mengubah tampilan file menjadi Tiles.
  • Ctrl + Shift + 8 : Mengubah tampilan file menjadi Content.
  • Alt + Up : Berpindah 1 level ke atas path folder.
  • Alt + Left or Backspace : Kembali ke tempat/folder sebelumnya.
  • Alt + Right : Maju ke folder yang dikunjungi setelahnya.
  • Alt + D : Navigasi ke address bar.
  • Ctrl + Shift + E : Membuat daftar folder yang ada pada sebuah folder utama.
  • Ctrl + F1 : Menampilkan atau menyembunyikan panel ribbon.

Silahkan gunakan pintasan-pintasan tersebut agar dapat lebih mempermudah anda dalam pengoperasian File Explorer di Windows.

Itulah beberapa tips dan trik yang dapat anda lakukan agar lebih efektif dalam menggunakan File Explorer di Windows 10. Sebenarnya anda juga dapat melakukan tips dan trik di atas pada Windows 7 dan Windows 8.1. Jadi, jika anda merasa perlu mengatur File Explorer agar sesuai keinginan, maka silahkan gunakan tips-tips di atas.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda