Cara Menghapus Pesan WhatsApp yang Telah Terkirim

590

menghapus pesan WhatsApp yang telah terkirim

Menghapus Pesan WhatsApp yang Telah Terkirim – Bagi pengguna sosial media khususnya messager seperti WhatsApp, maka aktivitas chat tentu sudah menjadi hal biasa, bahkan sudah menjadi rutinitas. Dengan aktifitas chat yang tiada henti, maka akan ada banyak sekali pesan yang masuk dan menunggu untuk dibalas. Pesan tersebut bisa berasal dari pesan pribadi maupun kiriman teman pada Grup yang anda ikuti.

Banyaknya pesan baik secara personal maupun dari Grup membuat chatbox menjadi tidak beraturan dan seringkali membuat pengguna bingung. Hal tersebut menjadi salah satu pemicu terjadinya pengiriman pesan yang salah ‘kamar’. Seringkali pengguna mengirim pesan bukan kepada orang yang dikehendaki atau menulis kiriman ke Grup yang salah karena kebingungan atau salah klik pesan. Seperti kata pepatah, nasi sudah menjadi bubur, jika pesan tersebut sudah terkirim maka pengguna hanya bisa pasrah.

Namun, hal tersebut hanya terjadi pada zaman dahulu, karena kini WhatsApp sudah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan anda menghapus pesan WhatsApp meskipun pesan tersebut telah terkirim. Fitur ini akan sangat bermanfaat bagi orang yang sering salah ‘kamar’ dalam mengirim pesan, atau membatalkan pernyataan yang hendak disampaikan kepada orang lain. (Baca Juga: Cara menyembunyikan percakapan di WhatsApp)

Menghapus pesan WhatsApp yang telah terkirim

Menghapus pesan WhatsApp yang telah terkirim sebenarnya sangatlah mudah, yang perlu diperhatikan adalah versi WahtsApp yang anda gunakan merupakan versi terbaru. Jika sudah memenuhi syarat tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Silahkan buka percakapan yang terdapat pesan yang hendak dihapus. Kemudian tekan lama pesan yang hendak dihapus sampai muncul banyak pilihan icon di action bar. Untuk menghapus pesan yang telah dipilih sebelumnya, silahkan ketuk pada ikon Sampah di action bar.

menghapus pesan WhatsApp yang telah terkirim

Langkah 2

Pada jendela yang muncul, terdapat tiga opsi. Opsi ‘Delete fo me’ untuk menghapus pesan dari percakapan anda namun tidak terhapus pada percakapan lawan chat atau Grup anda. Opsi ‘Cancel’ untuk membatalkan penghapusan pesan. Opsi ‘Delete for everyone’ untuk menghapus pesan dari percakapan anda dan lawan chat atau Grup anda. Untuk menghapus pesan yang salah kamar, silahkan pilih opsi yang ketiga.

menghapus pesan WhatsApp yang telah terkirim

Langkah 3

Jika sudah selesai, maka pada percakapan anda akan muncul pesan ‘You deleted this message’, dan pada pada percakapan lawan chat atau Grup anda akan muncul pesan ‘This message was deleted’. Artinya anda sudah berhasil menghapus pesan WhatsApp yang salah kamar tersebut.

menghapus pesan WhatsApp yang telah terkirim

Itulah cara menghapus pesan WhatsApp meskipun pesan tersebut telah terkirim. Namun, yang perlu anda ketahui adalah, pesan hanya bisa dihapus dalam kurun waktu kurang dari 7 menit terhitung sejak pesat tersebut terkirim. Artinya pesan yang telah terkirim lewat dari 7 menit tidak akan bisa dihapus kembali. Selain itu, agar fitur ini bekerja, lawan chat anda juga harus menggunakan WhatsApp versi terbaru yang sudah memiliki fitur ini. Jika hanya anda yang menggunakan versi terbaru, maka meskipun anda menghapus sebuah pesan, pesan tersebut akan tetap muncul pada percakapan lawan chat anda, begitu pun juga sebaliknya.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here