2 Cara Mematikan atau Menyembunyikan Notifikasi WhatsApp Web di Android

4024

Cara mudah mematikan atau menyembunyikan notifikasi WhatsApp Web di Android

Jika anda menggunakan Smartphone sistem operasi Android, terutama Android Nougat atau yang lebih baru, maka setiap aplikasi akan memberikan notifikasi. Setiap adanya aktivitas pada sebuah aplikasi akan memberikan notifikasi atau pemberitahuan kepada pengguna. Misalnya saja, aplikasi pengirim SMS yang akan memberikan notifikasi jika terdapat pesan baru yang masuk.

Pemberitahuan tersebut akan muncul pada panel notifikasi Android agar lebih mudah dilihat dan diperiksa oleh pengguna Smartphone. Termasuk jika anda menggunakan aplikasi WhatsApp, yang tentu saja hampir semua orang menggunakannya sebagai aplikasi berkirim pesan. WhatsApp memang saat ini sudah menjadi aplikasi messanger yang paling populer dan bisa dikatakan terinstall pada setiap Smartphone. Setiap aktivitas pada aplikasi ini akan memberikan notifikasi melalui panel notifikasi Android. Misalnya saja, jika anda baru saja menerima pesan baik berupa teks, gambar, video melalui aplikasi WhatsApp. Atau bisa juga ketika seseorang mengirim sesuatu atau membalas kiriman anda di grup, dan berbagai jenis aktivitas lainnya.

Untuk memberikan pelayanan yang lebih, maka WhatsApp telah merilis fitur baru yaitu WhatsApp Web. Fitur WhatsApp Web yang diberikan bertujuan agar pengguna dapat menggunakan WhatsApp di Laptop atau dimanapun saat sedang bekerja. Tentu saja agar anda dapat lebih mudah dan tidak harus selalu bolak-balik memeriksa Ponsel. Namun, sayangnya jika anda menggunakan fitur WhatsApp Web ini, maka pada Smartphone Android akan muncul notifikasi WhatsApp Web is currently active. Tentu saja notifikasi ini dapat mengganggu jika muncul terus menerus. Oleh karena itu, jika anda selalu menggunakan layanan WhatsApp Web, maka anda dapat mematikan atau menyembunyikan notifikasi tersebut di Android.

Cara Mematikan atau Menyembunyikan Notifikasi WhatsApp Web

Bagi sebagian orang, menggunakan layanan WhatsApp Web bisa membuat lebih mudah dalam bekerja. Oleh karena itu, tidak heran bahwa sebagian besar pekerja yang menggunakan WhatsApp memanfaatkan fitur ini. Tapi tentu saja keberadaan notifikasi bahwa WhatsApp Web sedang aktif pada Smartphone Android bisa mengganggu jika muncul terus menerus. Oleh karena itu, disarankan untuk mematikan atau menyembunyikan notifikasi WhatsApp Web di Android menggunakan salah satu dari kedua cara berikut.

1. Mematikan Notifikasi WhatsApp Web Melalui Panel Notifikasi

Cara pertama yang dapat anda gunakan untuk menyembunyikan atau mematikan notifikasi WhatsApp Web di Android adalah melalui panel notifikasi secara langsung. Cara ini adalah yang paling sederhana dan tidak ribet sama sekali.

Silahkan buka panel notifikasi Android, biasanya dengan cara swipe kebawah pada pinggir atas Smartphone. Setelah itu, silahkan tekan lama pada notifikasi WhatsApp Web, lalu geser toggle Other Notification ke kiri (ubah menjadi off). Untuk menutup panel notifikasi tersebut silahkan ketuk Done.

Cara mematikan notifikasi WhatsApp Web is currently active melalui panel notifikasi Android

Jika sudah selesai, maka notifikasi WhatsApp Web tersebut akan hilang. Notifikasi WhatsApp Web tersebut tidak akan muncul lagi jika anda menggunakan WhatsApp Web di Laptop maupun di perangkat lain.

2. Mematikan Notifikasi WhatsApp Web Melalui Settings

Cara kedua yang dapat anda lakukan adalah dengan mematikan notifikasi WhatsApp Web melalui Pengaturan Android (Android Settings). Pada dasarnya cara ini konsepnya sama saja dengan cara yang pertama, hanya saja jika anda tidak dapat melakukan cara diatas, maka silahkan gunakan cara yang kedua ini.

Silahkan buka Settings pada Ponsel Android anda, kemudian pada jendela Settings, silahkan ketuk App & notifications. Setelah itu, pada jendela App info silahkan ketuk aplikasi WhatsApp.

Cara mematikan notifikasi WhatsApp Web sedang aktif melalui pengaturan Android

Pada jendela App info WhatsApp, silahkan ketuk App notifications untuk membuka pengaturan notifikasi aplikasi WhatsApp. Kemudian pada jendela berikutnya, silahkan scroll ke bawah dan cari Other notifications. Silahkan ubah Other notifications mejadi off dengan cara ketuk pada toggle agar berpindah ke kiri.

Cara menyembunyikan pemberitahuan WhatsApp Web di Android

Jika sudah selesai, maka anda sudah berhasil mematikan notifikasi WhatsApp Web menggunakan cara kedua ini. Setelah itu, jika anda menggunakan layanan WhatsApp Web, maka notifikasi bahwa WhatsApp Web sedang aktif tidak akan muncul lagi di Android.

Itulah dua cara yang dapat anda gunakan untuk mematikan atau menyembunyikan notifikasi atau pemberitahuan WhatsApp Web di Android. Cara ini dapat anda gunakan jika selalu menggunakan layanan WhatsApp Web dan tidak ingin terganggu dengan adanya notifikasi di Ponsel Android yang digunakan. Namun, anda juga perlu berhati-hati, karena jika anda mematikan notifikasi ini, jika ada seseoarang yang sadap akun WhatsApp anda menggunakan WhatsApp Web, maka notifikasi tersebut tentu saja tidak akan muncul juga.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here