Cara Menggunakan Mode Samaran pada Aplikasi YouTube Android

Diupdate: 4 Juni 2020
0
152

Cara menggunakan mode samaran pada aplikasi YouTube Android

Jika anda menonton video YouTube menggunakan aplikasi YouTube di Android, maka history video yang ditonton akan disimpan. History tersebut nantinya akan digunakan oleh YouTube sebagai data rujukan untuk memberikan video rekomendasi di beranda YouTube anda. Hal ini tentu saja karena riwayat video yang anda tonton dimasukkan ke dalam video favorit, sehingga pada waktu yang akan datang akan diberikan video yang sejenis atau dari saluran yang sama.

Tidak hanya dalam hal pemberian video rekomendasi, riwayat yang tersimpan tersebut akan dijadikan sebagai data rujukan oleh Google untuk menampilkan iklan pada perangkat anda. Video yang anda tonton tentu saja akan dijadikan sebagai acuan terkait apa yang sedang anda sukai. Data tersebut nantinya akan dijadikan acuan untuk memberikan tayangan iklan yang mungkin akan membuat anda tertarik.

Artinya, semua riwayat dan video apa saja yang sudah anda tonton akan tersimpan dan diketahui oleh pihak YouTube. Selain itu, jika orang lain menggunakan Ponsel anda dan membuka aplikasi YouTube, maka orang tersebut akan langsung mengetahui video-video apa saja yang sudah anda tonton sebelumnya. Jika semua yang anda tonton merupakan video umum, maka tidak masalah. Tetapi jika yang anda tonton adalah video yang bersifat pribadi atau video yang tidak lazim dengan kebiasaan anda, maka itu bisa menjadi masalah. Oleh karena itu, agar semua riwayat video yang anda tonton tidak tersimpan, maka silahkan menggunakan mode penyamaran (incognito mode) pada aplikasi YouTube Android.

Cara Menggunakan Mode samaran pada YouTube Android

Menggunakan mode samaran atau incognito mode pada aplikasi YouTube di Android saat ini juga sudah dapat dilakukan. Jika anda sering menggunakan incognito mode pada browser Google Chrome, maka tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur mode samaran ini di aplikasi YouTube Android.

Fungsi mode samaran atau incognito mode pada aplikasi YouTube di Android sama saja dengan pada browser Google Chrome. Jika anda menggunakan mode samaran saat menonton video YouTube menggunakan aplikasi YouTube di Android, maka semua riwayat, cookie dan data video apa saja yang anda tonton tidak akan tersimpan.

Selain itu, video rekomendasi yang tampil di halaman utama aplikasi YouTube bukanlah berdasarkan riwayat video yang sudah ditonton. Video yang akan ditampilkan adalah video rekomendasi umum berdasarkan apa yang sedang hangat saat ini. Hal ini sama dengan saat anda pertama kali membuka YouTube dan tidak login menggunakan akun Google. Artinya, anda juga dapat selalu mengetahui apa yang sedang menjadi video populer di YouTube.

Jika anda ingin menggunakan mode samaran atau incognito mode pada aplikasi YouTube Android, maka caranya sangat mudah. Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan dan menggunakan mode tersebut.

Silahkan buka aplikasi YouTube di perangkat Android yang anda gunakan. Kemudian, pada halaman utama aplikasi YouTube, silahkan ketuk icon/gambar profil anda di pojok kanan atas untuk menampilkan daftar menu aplikasi YouTube Android. Lalu, pada daftar menu yang muncul, silahkan ketuk Aktifkan Mode Samaran.

Cara mengaktifkan mode penyamaran pada aplikasi YouTube Android

Setelah itu, aplikasi YouTube di Ponsel Android anda akan langsung beralih ke mode samaran. Hal ini ditandai dengan icon/gambar profil yang berganti dan menggunakan gambar incognito mode. Selain itu, dibagian bawah layar aplikasi YouTube juga akan terdapat keterangan Sedang dalam mode samaran.

Tanda incognito mode YouTube sudah aktif

Silahkan anda nonton video YouTube sepuasnya tanpa khawatir privasi terganggu karena semua riwayat video yang sudah ditonton tidak akan tersimpan.

Bagaimana Cara Menonaktifkan Mode Samaran di YouTube Android?

Jika anda sudah tidak ingin menggunakan mode samaran atau incognito mode, maka cara menonaktifkan mode samaran tersebut juga sangat mudah. Hal ini dapat anda lakukan jika ingin kembali menggunakan mode normal.

Silahkan ketuk icon/gambar profil mode samaran yang terdapat pada pojok kanan atas aplikasi. Kemudian, pada opsi yang muncul, silahkan ketuk Nonaktifkan Mode Samaran.

Cara menonaktifkan mode samaran YouTube Android

Setelah itu, pada aplikasi YouTube akan kembali menggunakan mode normal dan tidak lagi menggunakan mode samaran. Artinya, semua riwayat video yang sudah ditonton sebelum menggunakan mode samaran akan dikembalikan lagi.

Itulah cara mudah menggunakan mode samaran atau incognito mode pada aplikasi YouTube Android. Cara ini sangat cocok anda gunakan jika ingin melindungi privasi dan tidak ingin riwayat video yang sudah ditonton tersimpan. Jika ternyata sudah tidak ingin lagi menggunakan mode samaran dan ingin kembali ke mode normal, maka sangat mudah juga untuk menonaktifkan mode samaran tersebut.

BALAS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda