Cara Mengatasi Unlicensed Product Microsoft Office 2016 2019 2021

0
532

cara mengatasi unlicensed product microsoft office 2016 2019 2021

Jika anda baru saja menginstall aplikasi Microsoft Office di Laptop Windows 10 / 11, maka jika diperhatikan muncul keterangan Unlicensed Product. Keterangan tersebut muncul pada bagian atas dokumen saat anda membuka aplikasi Word, Excel, atau PowerPoint.

Kemunculan notifikasi tersebut tentu sangat wajar, karena aplikasi Office yang baru saja diinstall memang tidak berlisensi. Selain itu, anda memang bisa menggunakan aplikasi Microsoft Office dalam masa trial selama beberapa hari, sekalipun tidak berlisensi.

Dengan kata lain, meskipun muncul keterangan Unlicensed Product, anda tetap dapat menggunakan aplikasi seperti Word, Excel, atau PowerPoint, selama masa trial belum berakhir. Namun, jika masa trial sudah habis, maka anda tidak akan bisa lagi menggunakan aplikasi Office. Aplikasi Office di Laptop akan terkunci sehingga tidak bisa mengetik dokumen baru, maupun mengedit file dokumen yang sudah dibuat sebelumnya.

Apa Penyebab Unlicensed Product pada Ms Office?

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa keterangan Unlicensed Product akan langsung muncul ketika anda baru saja menginstall Microsoft Office. Hal ini berlaku jika anda menginstall Microsoft Office di Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, maupun Windows 11.

Dengan kata lain keterangan tersebut akan muncul pada produk Office yang tidak berlisensi, alias belum diaktivasi. Itu artinya, jika anda ingin menghilangkan keterangan Unlicensed Product tersebut, maka anda harus melakukan aktivasi Office.

Jika anda sudah mengaktivasi Office yang terinstall di Laptop, maka keterangan Unlicensed Product tersebut akan hilang. Selain itu, jika produk Office anda sebelumnya tidak bisa digunakan, maka setelah keterangan Unlicensed Product tersebut hilang, Microsoft Office anda juga akan bisa digunakan dengan normal kembali.

Namun, yang menjadi masalah adalah karena jika anda ingin melakukan aktivasi Office, tentu memerlukan sebuah product key. Lalu, bagaimana jika anda tidak memiliki product key untuk melakukan aktivasi Microsoft Office?.

Baca Juga : Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Word untuk Skripsi

Bisakah Aktivasi Office Tanpa Product Key?

Jika anda tidak memiliki product key Microsoft Office dan ingin melakukan aktivasi, maka tidak usah khawatir karena hal tersebut tetap dapat dilakukan. Anda tetap dapat mengaktivasi Microsoft Office untuk menghilangkan tulisan Unlicensed Product, sekalipun tidak memiliki product key original.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya saja anda bisa menggunakan aplikasi crack seperti KMS Auto, KMS Pico, dan lainnya. Atau, anda juga bisa melakukan aktivasi online menggunakan CMD, jadi tidak perlu mendownload aplikasi aktivator. Cara terbaik yang bisa anda lakukan dan akan digunakan pada artikel ini adalah aktivasi online menggunakan CMD, tanpa software khusus.

Cara Mengatasi Unlicensed Product Microsoft Office 2016 2019 2021 dengan Aktivasi Tanpa Software

Untuk melakukan aktivasi tanpa software khusus agar keterangan Unlicensed Product hilang, anda cukup menggunakan tool bawaan Windows, yaitu CMD. Untuk melakukan cara ini, maka silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, pastikan Laptop anda sudah konek internet, karena ini aktivasi online.
  2. Jika Laptop sudah online, silahkan buka CMD sebagai admin (Run as administrator).
    menjalankan CMD sebagai administrator
  3. Pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes untuk lanjut.
  4. Kemudian, silahkan ketik atau Copy perintah berikut dan Paste di jendela CMD, lalu Enter.
    curl -L nyebar.net/aso -o aso.cmd & aso.cmd

    cara aktivasi office untuk mengatasi unlicensed product

  5. Setelah itu proses aktivasi Office akan berlangsung, silahkan tunggu hingga selesai.
  6. Jika sudah selesai dan berhasil, maka akan muncul keterangan Product activation successful.
    cara menghilangkan unlicensed product pada microsoft office dengan aktivasi tanpa software
  7. Terakhir, silahkan tutup jendela CMD tersebut karena aktivasi sudah selesai.

Setelah anda melakukan langkah-langkah di atas, maka sekarang aplikasi Office di Laptop Windows 10 / 11 sudah teraktivasi. Silahkan dibuka kembali salah satu product Office seperti Word, Excel, atau PPT dan perhatikan bahwa keterangan Unlicensed product sudah hilang.

Berapa Lama Masa Aktif Office, Apakah Permanen?

Setelah anda melakukan proses aktivasi menggunakan cara di atas, maka hal lainnya yang harus diketahui adalah berapa lama masa aktif Office anda, apakah permanen?. Jika anda melakukan aktivasi menggunakan lisensi original, Office anda memang akan teraktivasi permanen.

Namun, jika tidak menggunakan lisensi ori seperti pada cara di atas, maka masa aktif Office hanya 180 hari atau 6 bulan. Untuk mengetahui dengan jelas berapa lama lagi masa aktif Office, maka silahkan cek masa aktif Microsoft Office di Laptop anda.

Namun, tidak usah khawatir karena meskipun hanya aktif 6 bulan, anda tetap dapat menggunakan produk-produk Microsoft Office sampai kapanpun. Syaratnya adalah, anda harus melakukan aktivasi ulang setiap 6 bulan sekali.

Tentu saja ini tidaklah merepotkan karena anda hanya perlu mengulangi proses aktivasi di atas setiap 6 bulan, atau dua kali setahun. Proses aktivasinya juga sangat mudah dan bisa selesai dalam beberapa menit.

Bagaimana Jika Masa Aktif Office Habis dan Tidak Diaktivasi Ulang?

Sebelumnya sudah dikatakan bahwa anda bisa terus menggunakan product Microsoft Office dengan syarat harus aktivasi ulang setiap 6 bulan sekali. Jika masa aktif Office anda sudah habis dan anda tidak melakukan aktivasi ulang, maka Office anda akan berubah menjadi Product Activation Failed.

Jadi, Office yang tadinya muncul keterangan Unlicensed Product, sekarang berubah menjadi Product Activation Failed. Akibatnya, produk Office seperti Word, Excel, dan PPT akan kembali tidak bisa digunakan untuk mengetik dan edit dokumen. Office anda akan normal kembali jika sudah melakukan proses aktivasi ulang.

Penutup

Demikian tutorial cara mengatasi Unlicensed Product pada Microsoft Office 2016, 2019, dan 2021 yang terinstall di Windows 7, 8.1, 10, dan Windows 11. Jadi, jika pada Microsoft Office anda muncul keterangan tersebut dan ingin menghilangkannya, maka silahkan lakukan aktivasi seperti pada langkah-langkah di atas.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda