2 Cara Format Flashdisk dan Hardisk Tanpa Software di Windows 10,8,7

0
366

Cara format flashdisk dan hardisk eksternal

Saat anda menggunakan komputer, maka tentu saja memerlukan sebuah media penyimpanan. Entah itu media penyimpanan internal seperti hardisk internal, maupun penyimpanan eksternal seperti hardisk eksternal dan flashdisk. Tidak jarang, isi dari media penyimpanan tersebut harus dikosongkan. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara format flashdisk atau hardisk yang benar di Laptop Windows 10,8,7.

Proses memformat flashdisk maupun hardisk tentu sangat diperlukan untuk berbagai alasan. Salah satu alasan melakukan format flashdisk ataupun hardisk, terutama hardisk eksternal adalah karena ingin mengosongkan isinya. Artinya, akan lebih mudah dan cepat untuk mengosongkan flashdisk atau hardisk tersebut jika melakukan format, dibanding menghapus secara manual. Selain itu, hasilnya akan lebih bersih karena tidak akan ada file tersembunyi yang terlewat.

Alasan lain mengapa pengguna Komputer melakukan format pada media penyimpanan seperti flashdisk maupun hardisk adalah untuk membersihkannya dari virus. Jika sebuah flashdisk atau hardisk terserang virus ataupun malware, maka tentu salah satu cara untuk membersihkannya adalah dengan memformat flashdisk atau hardisk tersebut. Tentu saja anda dapat melakukan scanning menggunakan antivirus, tetapi akan lebih bersih jika langsung melakukan format. Meskipun tentu anda akan kehilangan seluruh data yang ada di dalam flashdisk atau hardisk tersebut. (Baca juga: Cara Memperbaiki Kapasitas Flashdisk yang Berkurang Tanpa Software)

Cara Format Flashdisk dan Hardisk di Laptop Windows 10,8,7

Proses format flashdisk atau hardisk dapat dilakukan tanpa menggunakan software khusus. Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan, dan tentu saja tidak perlu install software khusus. Cara ini dapat anda lakukan untuk format flashdisk, partisi hardisk internal, maupun hardisk eksternal. Jadi, jika anda ingin mengosongkan isi flashdisk ataupun hardisk dan partisi hardisk, maka silahkan gunakan salah satu cara berikut.

1. Cara Format Flashdisk atau Hardisk Melalui File Explorer

Cara pertama yang dapat anda lakukan jika ingin memformat flashdisk ataupun partisi hardisk internal atau eksternal adalah melalui File Explorer. Cara ini adalah yang paling mudah dan paling sering digunakan. Untuk melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka File Explorer di Komputer Windows yang anda gunakan, baik pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Kemudian, klik kanan pada flashdisk ataupun partisi hardisk yang ingin anda format. Lalu, pada opsi yang muncul, silahkan klik Format.

Memformat drive di File Explorer

Selanjutnya, pada jendela Format, anda perlu melakukan beberapa pengaturan sebagai berikut.

  • Anda dapat mengganti bagian File system jika merasa diperlukan, entah itu menggunakan NTFS maupun Fat32. (Baca juga: Perbedaan NTFS dan FAT32 pada Flashdisk dan Hardisk)
  • Pada bagian Volume label silahkan masukkan nama partisi atau flashdisk tersebut yang diinginkan.
  • Pada bagian Quick Format, silahkan centang jika anda ingin proses format berlangsung dengan cepat.

Jika sudah selesai anda atur, maka silahkan klik Start untuk memulai proses format flashdisk ataupun hardisk. Kemudian, pada jendela Warning akan disampaikan bahwa seluruh data didalamnya akan dihapus. Jika tidak ada lagi data yang merasa perlu diamankan, maka silahkan klik Ok untuk melanjutkan.

Cara format flashdisk ke ntfs atau fat32

Selanjutnya anda hanya perlu menunggu hingga proses format selesai dan muncul keterangan Format Complete, silahkan klik Ok untuk menutupnya. Jika sudah selesai, maka anda sudah berhasil memformat flashdisk maupun partisi hardisk melalui File Explorer.

2. Cara Format Flashdisk atau Hardisk Melalui Command Prompt (CMD)

Cara kedua yang dapat anda lakukan jika ingin format flashdisk ataupun partisi hardisk internal dan hardisk eksternal adalah melalui CMD. Tentu anda sudah tahu bahwa Command Prompt atau CMD dapat digunakan untuk apa saja, termasuk memformat media penyimpanan. Lebih tepatnya yang akan digunakan untuk proses format ini adalah Diskpart.

Cara ini juga sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah karena tidak perlu menginstall software khusus. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut untuk format flashdisk atau hardisk menggunakan CMD.

Langkah pertama adalah silahkan buka Command Prompt atau CMD (Run as administrator). Anda dapat melakukannya dengan cara mencarinya di Start Menu, kemudian klik Run as administrator.

Selanjutnya, pada jendela Command Prompt yang muncul silahkan ketikkan perintah berikut untuk menjalankan Diskpart, kemudian tekan enter di Keyboard.

diskpart

Setelah itu, silahkan ketikkan perintah berikut untuk menampilkan daftar partisi flashdisk atau hardisk yang terhubung ke Laptop anda, kemudian tekan enter di Keyboard.

list volume

Kemudian, ketikkan perintah berikut untuk memilih flashdisk atau partisi hardisk yang akan diformat, kemudian tekan Enter di Keyboard. Perlu diperhatikan agar anda memasukkan nomor volume dengan benar, agar tidak salah format. Agar tidak salah pilih, silahkan perhatikan nama partisi pada kolom Label, dan ukuran partisi pada kolom Size.

select volume [nomor volume]

Silahkan anda ganti [nomor volume] dengan nomor volume flashdisk atau partisi hardisk yang ingin anda format.

Terakhir, silahkan ketikkan perintah berikut untuk melakukan proses format flashdisk atau partisi hardisk, kemudian tekan enter di Keyboard.

format fs=[sistem file] label=[nama partisi] quick

Keterangan dari tambahan perintah format diatas adalah sebagai berikut.

  • fs=[sistem file] adalah untuk menentukan File system dari flashdisk atau partisi hardisk yang anda format. Silahkan ganti [sistem file] menjadi sistem file yang anda inginkan, entah itu NTFS ataupun Fat32.
  • label=[nama partisi] adalah untuk memberikan nama atau label pada partisi yang anda format. Silahkan ganti [nama partisi] sesuai nama partisi yang anda inginkan.
  • quick adalah agar proses format flashdisk atau partisi hardisk berlangsung dengan cepat.

Setelah anda mengeksekusi perintah diatas, maka proses format akan berlangsung. Silahkan anda tunggu hingga selesai dan muncul keterangan DiskPart successfully formatted the volume.

Cara format flashdisk atau hardisk menggunakan CMD

Itulah 2 cara mudah untuk melakukan format flashdisk atau partisi hardisk yang benar di Windows tanpa menggunakan software khusus. Cara ini dapat dilakukan pada semua edisi Windows, baik itu pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Selain itu, cara ini dapat anda gunakan untuk memformat flashdisk, partisi hardisk internal, partisi hardisk eksternal, maupun hardisk eksternal secara keseluruhan.

BALAS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda