Cara Reset PC Windows 10 Tanpa Kehilangan File Data Pribadi

0
23

cara reset pc windows 10 tanpa kehilangan data

Saat Komputer Windows anda sedang bermasalah, maka salah satu solusi yang langsung terpikirkan biasanya adalah melakukan install ulang. Namun, seperti yang sudah diketahui bersama bahwa menginstall ulang Laptop akan merepotkan, sehingga solusi terbaiknya adalah dengan cara melakukan reset pada Windows 10 yang digunakan.

Kalau anda ingin menginstall ulang Komputer Windows 10 tersebut, maka anda harus memindahkan semua file data pribadi yang ada pada partisi atau drive C. Hal ini karena semua file yang ada pada partisi C akan terhapus saat install ulang, jadi perlu dipindahkan ke partisi lain agar aman.

Selain itu, anda juga hanya bisa melakukan proses install ulang Windows 10 pada Komputer PC atau Laptop yang digunakan jika memiliki flashdisk installer. Kalau tidak, anda tetap bisa membuat fresh Windows 10 tersebut seperti OS yang baru saja diinstall dengan proses reset. Proses reset ini juga lebih direkomendasikan jika anda menggunakan Windows 10 yang original. Tentu saja ini dilakukan agar lisensinya tidak hilang akibat diinstall ulang.

Reset Laptop Windows 10 Tanpa Menghapus Data Pribadi

Sebelum memasuki langkah-langkah reset, maka terlebih dahulu anda harus mengetahui kapan harus mereset PC Windows 10 yang digunakan. Disarankan agar anda hanya mereset Windows 10 yang digunakan jika memang sangat diperlukan dan tidak terlalu sering. Kalau anda terlalu sering melakukannya, tentu saja akan mengganggu pekerjaan anda.

Berikut beberapa kondisi yang bisa dijadikan alasan kenapa anda perlu reset Komputer Windows 10.

  • Saat Laptop atau Komputer PC Windows 10 yang anda gunakan sudah terasa lemot dan sering not responding, maka silahkan meresetnya agar tidak perlu repot install ulang.
  • Kalau anda ingin install ulang agar Windows 10 menjadi fresh seperti baru tapi tidak punya installer dan takut kehilangan data, maka silahkan reset saja.
  • Kalau anda menggunakan Windows 10 original dan tidak memiliki backup product key Windows 10 tersebut, maka reset saja agar tidak kehilangan lisensi original akibat install ulang.

Kalau anda sudah memutuskan untuk melakukan reset pada Laptop Windows 10 yang digunakan, terlebih dahulu anda perlu memahami apa yang akan terjadi jika melakukan proses reset Windows, dan apa bedanya dengan install ulang.

Baca Juga :
Cara Install Aplikasi dari Microsoft Store Windows 10

Perbedaan Reset dan Install Ulang Windows 10

Fitur reset pada dasarnya akan membuat sistem operasi Windows 10 yang ada pada Laptop anda menjadi fresh atau bersih kembali. Artinya, ini akan sama dengan saat anda menginstall ulang Laptop tersebut. Namun, ada perbedaan antara proses reset dan install ulang pada sistem operasi Windows 10, yaitu sebagai berikut.

  • Reset adalah langkah yang dilakukan untuk mengembalikan sistem operasi ke kondisi semula dengan mengatur ulang pengaturan dan menghapus semua program, kecuali program bawaan Windows 10.
  • Install ulang adalah langkah yang dilakukan untuk menghapus sistem yang lama beserta program didalamnya dan menggantinya dengan sistem operasi Windows 10 yang baru agar kembali ke kondisi semula.

Dengan demikian, proses reset memiliki cara kerja yang berbeda dengan install ulang, meskipun tujuannya sama, yaitu untuk membuat sistem Windows 10 menjadi fresh seperti semula.

Opsi Reset pada Windows 10

Saat anda memutuskan untuk mereset Windows 10 yang ada pada Laptop atau Komputer PC, maka anda akan menemukan dua pilihan. Masing-masing pilihan tersebut akan menentukan apa saja yang dihapus saat proses reset berlangsung.

  • Keep my files merupakan opsi untuk hanya akan mengembalikan pengaturan Windows 10 ke default dan menghapus program yang sudah diinstall (termasuk driver), tanpa menghapus data pribadi anda. Opsi ini tidak akan menghapus file pribadi anda, sekalipun terdapat pada partisi C.
  • Remove everything merupakan opsi untuk mengembalikan sistem Windows 10 ke pengaturan default, menghapus semua program, sekaligus menghapus semua file pribadi anda.

Jadi, kalau anda ingin mereset Laptop Windows 10 tanpa kehilangan data pribadi, pastikan untuk memilih opsi Keep my files.

Total Waktu yang Dibutuhkan Saat Windows 10 Direset

Proses reset Laptop Windows 10 akan membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 3 jam. Namun, tentu saja ini bisa lebih lama tergantung spesifikasi Laptop dan banyaknya program yang terdapat pada Laptop anda. Jadi, pastikan anda tidak memiliki pekerjaan mendesak yang membutuhkan Laptop yang akan direset, karena proses ini tidak akan bisa dibatalkan saat sudah dimulai.

Disarankan untuk melakukan proses ini saat sedang memiliki waktu luang, misalnya ketika hendak istirahat di malam hari, jadi bisa ditinggal tidur saat proses reset sudah berlangsung. Namun, kalau anda reset Laptop kemudian ditinggal tidur, pastikan charger terhubung agar tidak kehabisan cas ditengah jalan.

Baca Juga :
Cara Mengganti Font Default di Laptop Windows 10

Tutorial Reset Laptop Windows 10 Tanpa Kehilangan Data

Terhapus atau tidaknya data pribadi anda saat melakukan reset, itu semua tergantung opsi reset yang dipilih nantinya. Untuk mereset PC Windows 10 tanpa menghapus data dan file-file pribadi anda, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan hidupkan Laptop Windows 10 yang akan direset, kemudian buka Settings. Setelah jendela Settings Windows 10 terbuka, silahkan klik Update & Security.

reset Windows 10 melalui settings

Pada halaman pengaturan selanjutnya, silahkan anda klik Recovery yang ada pada panel sebelah kiri. Setelah itu, untuk mereset sistem Windows 10 tersebut silahkan klik tombol Get started yang ada pada bagian Reset this PC.

cara mereset Laptop Windows 10 dengan mudah

Setelah itu, akan muncul opsi reset yang akan menentukan apakah data pribadi anda akan dihapus atau tidak. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa jika anda ingin mereset Windows 10 tanpa menghapus file-file pribadi, maka silahkan klik opsi Keep my files.

cara reset Komputer Windows 10 tanpa menghapus data pribadi

Opsi tersebut akan mengembalikan pengaturan Windows 10 seperti saat baru diinstall dan menghapus semua aplikasi anda, tetapi tidak menghapus file-file pribadi anda meskipun file tersebut ada di partisi C. Jadi, file-file yang sudah anda download, file dokumen, gambar, video yang ada di drive C akan tetap utuh.

Tentu anda sudah tahu bahwa jika melakukan install ulang, data di partisi C akan dihapus. Tapi dengan opsi reset ini, sekalipun data anda ada di drive C, tetap aman dan tidak akan terhapus.

Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa pengaturan anda akan dikembalikan ke pengaturan pabrik, data pribadi akan tetap aman, serta semua aplikasi dan program akan dihapus, termasuk driver. Anda juga bisa melihat daftar aplikasi apa saja yang akan terhapus dengan mengklik List of apps to be romoved. Kalau anda sudah mantap untuk mereset Windows 10 tersebut, maka silahkan klik tombol Reset.

cara reset Windows 10 agar data tidak hilang

Setelah itu, Windows 10 akan melakukan persiapan untuk proses reset yang akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Anda tidak perlu lagi klik apapun dan tunggu saja hingga proses persiapan tersebut selesai. Kalau persiapan sudah mencapai 100%, maka Laptop atau Komputer PC Windows 10 anda akan restart secara otomatis.

Baca Juga :
Cara Memindahkan Letak Taskbar di Layar Windows 10,8,7

Windows 10 sedang bersiap untuk reset

Setelah restart, maka proses peresetan Windows 10 akan berlangsung sekitar 30 menit, jadi silahkan tunggu hingga selesai. Kalau sudah selesai, maka Laptop atau Komputer PC Windows 10 anda akan restart lagi.

Laptop sedang mereset Windows 10

Selanjutnya, file-file sistem Windows 10 akan dipasang kembali layaknya saat anda melakukan proses install. Proses ini akan memakan waktu yang lebih lama lagi, sekitar 100 menit, jadi silahkan tunggu lagi hingga selesai.

sistem Windows 10 sedang diatur ulang

Kalau Laptop sudah restart kembali, maka silahkan tunggu lagi hingga proses finalisasi selesai yang akan berlangsung sekitar 10 menit.

finalisasi konfigurasi Windows 10

Setelah itu, Laptop / Komputer PC anda akan masuk ke Desktop yang menandakan bahwa Windows 10 sudah tereset.

Windows 10 sudah selesai direset

Dengan demikian Laptop Windows 10 anda akan terasa fresh kembali layaknya Laptop yang baru saja diinstall ulang, hanya saja file-file pribadi anda masih tetap utuh.

Langkah Selanjutnya Setelah Windows 10 Direset

Kalau anda sudah mereset PC Windows 10, maka langkah selanjutnya sama seperti saat anda sudah menginstall ulang Windows. Anda harus menginstall ulang driver agar semua komponen dan fitur Laptop anda bisa digunakan dengan baik. Setelah itu, silahkan menginstall kembali semua aplikasi yang dibutuhkan.

Jika anda lupa aplikasi apa saja yang harus diinstall, maka silahkan buka file Removed Apps yang ada di Desktop. Anda akan melihat daftar aplikasi yang terinstall pada Laptop tersebut dan terhapus selama proses reset. Jadi, silahkan lihat daftar tersebut untuk menginstall aplikasi apa saja yang harus diinstall.

Catatan: pastikan anda hanya menginstall aplikasi yang dibutuhkan saja, dan jangan menginstall aplikasi secara sembarangan meskipun tidak digunakan. Hal ini karena semakin banyak aplikasi yang diinstall, maka akan membuat Laptop anda bekerja semakin berat.

Penutup

Demikian penjelasan singkat tentang fitur reset yang ada di Windows 10 beserta panduan mereset PC tanpa kehilangan data pribadi. Silahkan lakukan cara ini jika anda merasa Laptop sudah lemot atau ingin membuat Windows 10 menjadi fresh kembali. Namun, pastikan untuk memilih opsi yang tidak menghapus data agar semua file-file anda tetap utuh dan tidak terhapus.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda