Cara Sharing Printer Windows 7, 8.1, 10 ke Komputer Lain dengan WiFi

7739

Cara Sharing Printer Windows 7, 8.1, atau Windows 10 ke komputer lain dengan WiFI

Apakah anda merupakan salah satu orang yang dalam kehidupan sehari-hari sering menggunakan printer? baik itu di kantor maupun di rumah. Biasanya ketika anda hendak mencetak dokumen menggunakan printer, maka diperlukan sebuah kabel yang akan menghubungkan mesin Printer ke Komputer atau Laptop. Jika kabel printer tersebut tidak ada, maka tentu saja anda tidak akan bisa melakukan aktifitas Print dokumen dari Komputer atau Laptop.

Berbeda halnya ketika yang anda gunakan adalah sebuah Printer Wireless yang menggunakan media WiFi sebagai pengganti kabel. Jadi, anda tidak lagi membutuhkan kabel yang akan menghubungkan printer dan komputer. Anda bisa langsung print dokumen dari komputer hanya dengan mengkoneksikan komputer atau laptop yang digunakan ke WiFi dari printer tersebut.

Adanya printer Wireless tentu saja sangat membantu dan memudahkan dalam mencetak dokumen. Jika anda menggunakan printer kabel, maka biasanya ketika hendak mencetak hasil pekerjaan menggunakan Laptop atau Komputer yang tidak terhubung ke printer, anda harus copy file yang akan diprint ke flashdisk. Setelah itu barulah anda bisa mencetaknya menggunakan komputer yang terhubung dengan printer. Kadang juga jika menggunakan Laptop, maka Laptop akan dipindahkan agar dapat dihubungkan dengan Printer menggunakan kabel.

Keadaan tersebut tentu saja akan membuat anda menjadi repot dan membuat-buang waktu, dan tentu saja lebih mudah dan cepat ketika menggunakan printer wireless. Namun, bagaimana jika anda tidak memiliki printer wireless, melainkan hanya memiliki sebuah printer biasa yang menggunakan kabel untuk menghubungkan printer ke komputer.

Anda jangan khawatir karena sebenarnya printer biasa yang digunakan sehari-hari bisa diubah agar dapat diakses menggunakan Wireless atau WiFi. Tentu saja anda tidak harus membeli sebuah printer Wireless yang harganya jauh lebih mahal dari printer biasa, tetapi cara yang akan dilakukan adalah melakukan sharing printer. Cara sharing printer ini dapat anda terapkan di Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10.

Cara Sharing Printer Windows 7, 8.1, atau 10 dengan WiFi

Jika anda memiliki sebuah printer biasa atau printer yang menggunakan kabel, maka ada cara yang dapat dilakukan agar printer tersebut bisa diakses dari jarak jauh menggunakan WiFi, yaitu dengan melakukan sharing printer ke komputer lain. Sehingga jika anda melakukan pekerjaan pada komputer yang tidak terhubung ke printer, anda tidak perlu lagi memindahkan laptop agar bisa disambungkan ke Printer. Anda bisa langsung mencetak dokumen yang dikerjakan menggunakan WiFi dari komputer manapun.

Perlu diketahui bahwa anda tidak harus membongkar printer kemudian menambahkan perangkat WiFi agar cara ini bekerja. Yang dibutuhkan untuk melakukan cara sharing printer ini hanyalah sebuah komputer yang terhubung ke printer menggunakan kabel. Melalui komputer inilah Printer akan di share melalui WiFi, entah itu berupa Hotspot maupun Wireless Router. Sehingga dikemudian hari anda bisa mengakses Printer yang telah anda share via WiFi untuk mencetak dokumen. Hal yang tidak kalah penting adalah, komputer yang terhubung ke Printer harus memiliki adapter WiFi atau bisa menggunakan WiFi.

Agar anda bisa mengubah Printer biasa menjadi printer Wireless, silahkan ikuti langkah-langkah cara sharing printer di Windows 7, 8.1, atau Windows 10 berikut ini. Langkah-langkah dibawah ini dapat anda lakukan jika hendak sharing printer Canon MP237, Epson l210, Epson l360, HP Laserjet P2202, maupun jenis printer lainnya.

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk sharing printer ke komputer lain adalah pastikan bahwa terdapat satu komputer yang terhubung ke printer menggunakan kabel. Pada komputer yang terhubung ke Printer via kabel printer, silahkan buka Control Panel. Pada jendela Control Panel, silahkan pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Devices and Printers.

Selanjutnya, pada jendela Control Panel tersebut anda akan melihat daftar printer yang terhubung ke PC Desktop atau laptop anda. Silahkan cari printer yang hendak diubah menjadi printer wireless pada daftar tersebut. Pada printer yang hendak di share via WiFi, silahkan klik kanan kemudian pilih Printer Properties.

Cara sharing printer ke komputer lain

Pada jendela printer properties, silahkan klik tab Sharing kemudian centang pada checbox Share this printer. Anda juga bisa mengubah share name sesuai keinginan, share name merupakan nama printer yang akan tampil pada komputer atau laptop lain saat diakses melalui WiFi. Jika sudah selesai silahkan klik Apply lalu klik Ok.

Cara sharing printer Canon MP237

Agar printer dapat diakses dari komputer lain melalui WiFi, silahkan buka Control Panel kemudian pergi ke Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center. Kemudian klik Change advanced sharing settings pada panel sebelah kiri.

Pada jendela selanjutnya, silahkan klik tulisan Guest or Public kemudian klik opsi Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing. Setelah itu, jika semua sudah selesai diatur silahkan klik Save Changes.

Cara sharing printer dengan WiFi

Agar anda tidak dimintai password ketika mengases printer yang telah dishare via WiFi, maka silahkan klik All Networks, kemudian klik opsi Turn on password protected sharing lalu klik Save Changes.

Cara mengubah printer biasa menjadi printer wireless

Sekarang anda sudah berhasil melakukan cara sharing printer ini atau dengan kata lain mengubah printer biasa yang menggunakan kabel menjadi printer Wireless. Agar dapat menggunakan printer ini dari komputer lain, silahkan baca artikel Cara menggunakan printer wireless.

Cara Sharing Printer ke Windows Beda Bit (Arsitektur)

Pada beberapa kasus, ketika anda hendak menggunakan printer yang telah di share via WiFi, maka anda tidak dapat menggunakannya untuk mencetak dokumen. Penyebab yang paling sering terjadi adalah karena perbedaan arsitektur atau bit yang digunakan pada kedua komputer. Misalnya saja komputer atau laptop yang terhubung ke printer menggunakan Windows 64 bit, kemudian Laptop yang akan dihubungkan ke Printer via WiFi menggunakan Windows 32 bit atau sebaliknya. Pada kasus seperti ini anda tidak akan bisa langsung terhubung ke printer tersebut untuk mencetak dokumen. Agar dapat terhubung ke Printer dan mencetak dokumen, anda akan diminta untuk menginstall driver printer pada laptop yang akan dihubungkan via WiFi.

Keadaan ini tentu saja akan membuat repot ketika setiap ingin menghubungkan Laptop yang baru ke printer WiFi tersebut harus menginstall driver printernya, terlebih lagi jika anda tidak memilikinya pada laptop yang digunakan. Namun jangan khawatir, anda bisa melakukan sedikit pengaturan agar jika yang ingin dihubungkan adalah laptop baru dan belum terhubung sebelumnya tidak perlu install driver. Untuk itu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Siapkan driver printer yang digunakan, baik untuk Windows 32 bit dan Windows 64 bit. Pada komputer yang terhubung ke printer menggunakan kabel Printer, Silahkan buka kembali printer properties. Kemudian pada tab sharing silahkan klik Additional Drivers….

Cara sharing printer ke Windows beda bit (arsitektur)

Pada jendela additional drivers, jika komputer anda menggunakan Windows 64 bit (x64), maka akan terlihat bahwa driver untuk Windows 32 bit (x86) tidak terinstall, sehingga ketika anda mengaksesnya mengunakan Windows 32 bit maka tidak akan bisa terhubung. Untuk mengatasi masalah ini silahkan centang pada checkbox x86, lalu klik Ok.

Akan muncul jendela install printer drivers, silahkan ekstrak driver printer untuk Windows 32 bit yang telah anda siapkan kemudian klik Browse. Pada jendela yang muncul, cari file dengan ekstensi .inf pada lokasi tempat anda mengekstrak driver printer tadi. Jika sudah ditemukan, klik file tersebut lalu klik Open. Pada jendela install driver tadi, silahkan klik Ok, Jika ada peringatan silahkan klik Ok.

Jika sudah selesai silahkan klik Ok pada jendela Additional drivers. Kemudian silahkan lakukan hal sebaliknya jika anda menggunakan komputer Windows 32 bit yang terhubung ke Printer menggunakan kabel. Sekarang anda bisa tehubung ke printer via WiFi meskipun menggunakan arsitektur Windows yang berbeda.

Cara sharing printer ke Windows 32 bit dan 64 bit

Itulah cara sharing printer untuk mengubah printer biasa menjadi printer wireless. Cara ini dapat anda lakukan untuk share printer di Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10 ke komputer lain dengan WiFi. Sebagai catatan, anda hanya akan bisa mengakses printer yang telah di share jika komputer yang tehubung ke Printer menggunakan kabal dan komputer yang akan anda hubungkan ke printer via WiFi terkoneksi dengan jaringan WiFi yang sama. Jadi tentu saja komputer yang terhubung ke printer menggunakan kabel dan komputer yang akan mengakses via WiFi harus memiliki perangkat agar bisa menggunakan jaringan WiFi.

Jika ternyata pada lokasi anda tidak tersedia jaringan WiFi, maka anda bisa menjadikan komputer yang terhubung ke printer menggunakan kabel printer sebagai Hotspot, kemudian hubungkan komputer lainnya ke hotspot yang telah dibuat. Dengan demikian anda bisa dengan leluasa mencetak dokumen via WiFi.

ARTIKEL TERKAIT

23 KOMENTAR

  1. Sy sdh coba sesuai petunjuk tpi pada saat mau coba knp status Printer nya offline sdgkan kabel printer sdh sy pindahkan coloknya ke router wifi dgn gunakan USB Female to RJ45, mohon banuannya mas. Terima kasih

  2. kalau cetak dari hp menggunakan tambahan apliasai pitershre ya..,,// saat mau print dipilahan nearby wifi idak muncul, bagaimana cara , mengatasi nya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here