Cara Mengupdate Windows 10 Agar Selalu Aman

|Diupdate 3 Agustus 2020
0
742

Cara update Windows 10

Mengupdate sebuah sistem operasi seperti Windows 10 tentu menjadi salah satu aktifitas yang harus sering dilakukan. Ketika anda melakukan update pada sistem operasi yang digunakan, maka akan ada banyak manfaat yang diperoleh. Salah satunya adalah agar selalu kekinian dan tidak ketinggalan jaman.

Selain itu, ketika anda mengupdate sistem operasi seperti Windows 10, maka kemungkinan besar akan diperoleh fitur baru. Windows 10 yang terinstall di Laptop anda juga akan mendapatkan perbaikan jika pada versi sebelumnya terdapat bug atau celah keamanan. Dan, yang paling penting adalah security patches atau meningkatkan keamanan dari Windows 10 anda. Artinya, setiap ancaman terbaru dapat dihambat dan tidak akan mengganggu anda jika selalu menggunakan Windows 10 yang terupdate.

Windows 10 sendiri merupakan sistem operasi keluaran terbaru Microsoft yang pertama kali dirilis pada tahun 2015. Kabarnya Windows 10 akan menjadi sistem operasi terakhir dari Microsoft. Oleh karena itu, agar terus dapat memenuhi kebutuhan setiap penggunanya maka akan selalu dilakukan proses update Windows. Update Windows tersebut sendiri terdiri dari update minor yang hanya untuk memberikan perubahan kecil. Selain itu ada juga update mayor yang akan memberikan perubahan yang cukup signifikan pada Windows 10.

Apa Manfaat Melakukan Update Windows Secara Berkala?

Jika anda melakukan update Windows secara berkala, maka akan banyak sekali manfaat yang diperoleh. Berikut beberapa manfaat yang akan diperoleh Laptop Windows 10 anda jika melakukan update secara rutin.

1. Mengatasi Bug atau Error

Pada dasarnya sebuah perangkat lunak tidak terlepas dari yang namanya bug (kesalahan) atau error. Termasuk pada sistem operasi Windows 10 yang tentu mengandung bug, meskipun sudah final rilis. Oleh karena itu, Microsoft merilis pembaharuan secara berkala untuk memperbaiki setiap bug atau error yang ditemukan.

Jadi, ketika anda melakukan update Windows, maka bug pada versi sebelum update dapat diatasi. Artinya, Windows 10 dapat digunakan lebih maksimal lagi dibanding sebelumnya. Tetapi, jika anda tidak melakukan update, maka bug atau error tersebut akan terus ada dan akan mengganggu saat Laptop Windows 10 digunakan. Bahkan, efek paling fatal adalah ketika bug tersebut merusak data pada penyimpanan Laptop anda.

2. Meningkatkan Keamanan

Setiap saat ancaman berupa malware atau virus tentu meningkat juga. Beragam cara dilakukan oleh orang-orang jahat untuk membuat ancaman yang tidak akan dideteksi oleh sistem keamanan di Windows 10. Oleh karena itu, sistem keamanan di Windows 10 juga harus diperbaharui secara berkala agar ancaman terbaru dapat dikenali.

Ketika anda melakukan update Windows 10, maka sistem keamanan akan ditingkatkan. Artinya, ancaman terbaru juga sudah dapat dikenali dan dapat dilakukan antisipasi ataupun pencegahan agar tidak membahayakan.

3. Memperbaharui Sistem dan Manambahkan Fitur Baru

Manfaat yang paling dirasakan oleh pengguna setelah melakukan update Windows adalah adanya pembaharuan sistem ataupun penambahan fitur baru. Perubahan tersebut akan dirasakan baik melalui tampilan maupun fungsi dari program tertentu yang sering anda gunakan.

Jadi, ketika melakukan update Windows 10, maka setiap kebutuhan anda akan terpenuhi pada pembaharuan tersebut. Hal ini tentu saja karena Microsoft tidak hentinya mengamati fitur apa lagi yang dibutuhkan oleh penggunanya. Untuk mendapatkan fitur baru tersebut, maka silahkan memasang feature update Windows 10 yang tersedia.

Beberapa manfaat melakukan update Windows 10 tersebut tentu akan membuat Windows 10 dapat digunakan lebih efisien. Jadi, anda dapat melakukan pekerjaan lebih nyaman dan aman jika Windows 10 yang digunakan selalu terupdate.

Cara Mengupdate Windows 10 Agar Tidak Ketinggalan dan Aman

Ada banyak fitur yang akan didapatkan jika menggunakan Windows 10 sebagai sistem oeprasi di Laptop atau PC Desktop. Namun, agar dapat menikmati semua fitur terbaru yang dimilikinya, maka anda perlu melakukan update Windows 10 secara berkala. Selain itu, anda juga perlu melakukan aktivasi Windows 10 agar semua fitur terbuka dan dapat digunakan.

Cara untuk mengupdate Windows 10 sebenarnya sangat mudah, baik itu pada update minor maupun update mayor. Yang dibutuhkan untuk melakukan proses update ini hanyalah koneksi internet yang sudah terhubung ke Laptop ataupun PC Desktop yang digunakan. Koneksi internet yang digunakan harus stabil agar proses update berjalan lancar. Jika Laptop atau PC Desktop anda sudah terkoneksi ke internet, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Proses update dapat dilakukan dengan menggunakan fitur bawaan Windows 10, yaitu Windows Update. Fitur ini terdapat pada pengaturan atau Settings di Windows 10. Oleh karena itu, silahkan buka Settings di Laptop Windows 10 yang digunakan. Kemudian, pada jendela utama Setting silahkan klik Update & Security.

Update Windows 10 agar tidak ketinggalan jaman

Kemudian, pada jendela Windows Update yang muncul silahkan klik Check for updates untuk memeriksa apakah terdapat pembaharuan atau tidak. Jika tersedia pembaharuan untuk Windows 10 yang terinstall di Laptop anda, maka proses update akan berlangsung secara otomatis.

Cara mengupdate Windows 10 agar selalu aman

Namun, jika ternyata tidak terdapat hal yang harus diperbaharui, maka akan muncul keterangan You’re up to date. Keterangan tersebut menandakan bahwa Windows 10 anda sudah dalam keadaan terupdate dan belum ada update baru.

Itulah cara mudah untuk melakukan update Windows 10 agar selalu dalam keadaan terbaru dan juga senantiasa aman. Jadi, jika anda ingin selalu menikmati fitur terbaru dari Windows 10, maka silahkan mengupdate Windows 10 yang digunakan secara berkala. Ketersediaan pembaharuan yang akan anda dapatkan bisa saja setiap minggu, meskipun hanya berupa peningkatan keamanan.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda