Mematikan Komputer Lain Menggunakan CMD

7348

Mematikan komputer lain menggunakan CMD – Mematikan atau melakukan shutdown mungkin sudah menjadi hal biasa dan sering dilakukan bagi anda pengguna PC Dekstop maupun Laptop. Namun, bagaimana jika mematikan komputer lain baik itu komputer anda sendiri maupun komputer milik orang lain. Tentu saja tidak banyak yang pernah melakukannya.

Mungkin jika anda mencari cara untuk melakukan hal ini, maka yang ditemukan hanyalah sebuah tutorial yang mengharuskan anda menggunakan software pihak ketiga. Dengan demikian tentu saja anda harus menginstall aplikasi tersebut pada komputer yang akan digunakan untuk mematikan dan komputer yang menjadi target.

Sebenarnya, anda dapat mematikan Komputer lain tanpa harus menginstall aplikasi. Yang akan digunakan hanyalah tool bawaan Windows yaitu Command Prompt (CMD). Tool yang satu ini memang bisa menjadi alat yang sangat serbaguna selama anda mengetahui cara menggunakannya. Dalam hal ini CMD akan digunakan untuk mematikan komputer lain, entah itu komputer milik sendiri maupun komputer milik orang lain.

Dengan cara ini tentu saja memungkinkan anda mematikan komputer dari jarak jauh, atau bahkan mematikan komputer secara massal. Dan tentu saja anda hanya melakukannya menggunakan satu buah komputer.

Kenapa suatu komputer bisa dimatikan dari komputer lain?

Pertanyaan sederhana yang akan muncul adalah, kenapa suatu komputer atau banyak komputer bisa dimatikan dari komputer lain atau bahkan dari jarak jauh. Bagaimana cara kerjanya sehingga kontrol shutdown yang diberikan bisa sampai kepada komputer lain. Sederhananya seperti ini, agar cara ini dapat bekerja, maka komputer yang digunakan untuk memberikan kontrol dan komputer yang menjadi target harus terhubung melalui satu jaringan. Entah itu terhubung menggunakan kabel LAN maupun via WiFi.

Jika komputer-komputer tersebut sudah terhubung melalui jaringan baik melalui LAN maupun WIFi, maka perintah yang diberikan dari satu komputer akan dikirimkan ke komputer lain untuk dieksekusi. Misalnya anda mengirimkan perintah shutdown dari komputer 1 ke komputer 2, maka perintah ini akan dikirim melalui jaringan dan kemudian dilakukan eksekusi pada Komputer 2.

Cara mematikan komputer lain menggunakan CMD

Untuk mematikan komputer lain menggunakan CMD, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Komputer yang digunakan untuk mengontrol dan komputer target tehubung ke jaringan yang sama, baik menggunakan LAN maupun WiFi.
  • Anda mengetahui IP Address atau Computer Name komputer target.

Jika syarat tersebut sudah anda penuhi, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk mematikan komputer lain melalui CMD.

Metode 1

Untuk mematikan komputer lain menggunakan CMD, ada dua metode yang bisa digunakan.

Langkah 1

Silahkan buka Command Prompt, anda bisa mencarinya pada Start Menu. Jangan lupa CMD dibuka dengan mode Run as administrator.

Langkah 2

Pada jendela CMD silahkan ketikkan perintah berikut, kemudian tekan Enter.

shutdown -m \\192.168.4.246 -s -t 00

Penjelasan perintah:
-m adalah singkatan dari machine, artinya untuk mematikan machine.
\\192.168.4.246 adalah IP Address dari komputer target, silahkan ganti dengan computer name atau IP address yang anda target.
-s adalah perintah untuk melakukan shutdown, anda bisa mengantinya dengan -r untuk restart, atau perintah lainnya.
-t 00 adalah waktu jeda untuk melakukan perintah yang diberikan. Jika anda memberikan waktu 00 maka tentu saja komputer target akan segera melakukan kesekusi atas perintah yang diberikan.

Metode 2

Jika anda merasa bingung dengan metode yang pertama, maka ada cara yang lebih sederhana. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Buka CMD dan Run as administrator.

Langkah 2

Pada jendela CMD silahkan ketikkan perintah berikut, kemudian tekan Enter

shutdown -i

Langkah 3

Pada kotak dialog Remote Shutdown yang muncul, silahkan klik Add untuk menambahkan komputer target.

Langkah 4

Kemudian pada bagian What do you want these computers to do silahkan pilih jenis perintah yang akan diberikan. Anda bisa memilih shutdown atau restart.

Langkah 5

Silahkan hilangkan centang pada bagian Warn users of this action jika anda tidak akan memberikan peringatan.

Langkah 6

Pada bagian Comment, silahkan tuliskan pesan yang akan ditampilkan pada komputer target.

Langkah 7

Jika sudah selsai, maka silahkan klik Ok. Maka komputer target akan dieksekusi sesuai dengan perintah yang anda berikan.

Jika ternyata ketika anda melakukan cara tersebut, maka komputer target tidak dieksekusi sesuai dengan perintah yang anda berikan. Misalnya pada beberapa kasus terjadi Acces denied (5) ketika melakukan cara diatas, error tersebut diakibatkan oleh tidak adanya izin akses ke komputer target.

Mengatasi Acces denied (5) saat mencoba mematikan komputer lain

Jika pada CMD muncul keterangan Acces Denied (5) ketika anda memberikan perintah shutdown untuk mematikan komputer lain, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut pada komputer target untuk mengatasinya.

Langkah 1

Silahkan buka Local Security Policy, anda bisa menemukannya pada pencarian Start Menu.

Langkah 2

Pada jendela Local Security Policy yang muncul, silahkan klik Local Policies pada panel sebelah kiri.

Langkah 3

Kemudian pada Panel sebelah kanan silahkan double klik User Rights Assignment.

Langkah 4

Silahkan cari dan double klik pada Shut down the system.

Langkah 5

Pada jendela yang muncul, silahkan klik Add User or Group….

Langkah 6

Pada jendela selanjutnya, ketikkan Everyone, kemudian klik Ok.

Langkah 7

Klik Apply dan OK pada jendela Shutdown properties.

Langkah 8

Cari juga Force shutdown from a remote system, kemudian lakukan hal yang sama seperti yang dilakukan pada Shut down the system.

Setelah anda melakukan hal tersebut pada Komputer target, maka tidak akan ada lagi muncul keterangan Acces denied (5) ketika anda hendak melakukan remote shutdown. Jika ternyata komputer yang anda jadikan target bukanlah komputer milik sendiri, melainkan komputer milik orang lain, maka anda bisa melakukan cara ini dengan pura-pura meminjamnya.

Itulah cara mematikan komputer lain menggunakan CMD, cara ini sangat praktis karena tidak membutuhkan software tambahan. Dengan demikian bisa dilakukan dimana saja dan pada komputer manapun.

ARTIKEL TERKAIT

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here