4 Cara Menyimpan Foto dari Dokumen Word ke File JPG / PNG

0
130

cara menyimpan foto dari word ke jpg

Menyertakan gambar atau foto dalam sebuah dokumen Word tentu sudah menjadi hal lazim. Gambar dalam dokumen Word akan menjadi pelengkap dari sebuah dokumen yang sedang dikerjakan. Namun, seringkali anda perlu mengeluarkan gambar dari dokumen dan menyimpan foto tersebut ke file jpg atau png.

Mengeluarkan sebuah gambar yang terdapat dalam dokumen Word kadang diperlukan pada kondisi tertentu. Misalnya saja saat anda sudah tidak memiliki file jpg dari foto dalam dokumen tersebut. Atau, anda membuka dokumen milik orang lain dan ingin menggunakan gambar di dalamnya pada dokumen lain.

Tentu anda harus mengekspor foto yang terdapat pada dokumen tersebut jika ingin menggunakannya pada dokumen lain atau hanya untuk menyimpannya pada galeri. Dengan kata lain, anda perlu menyimpan file foto atau gambar yang terdapat dalam dokumen Microsoft Word sehingga menjadi file berekstensi .jpg atau .png. Jika anda sudah memiliki file gambar tersebut secara terpisah, maka anda akan leluasa menggunakannya untuk keperluan apa saja.

Cara Menyimpan Foto dari Dokumen Word ke File JPG atau PNG

Jika anda ingin menyimpan sebuah foto atau gambar dari dalam dokumen Word, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Anda bisa memanfaatkan fitur yang disediakan oleh Microsoft Word, ataupun menggunakan fitur lain di Windows.

Selain itu, cara untuk melakukan cara ini juga sangat mudah dan tidak perlu menginstall aplikasi khusus. Silahkan anda pilih salah satu cara berikut yang ingin digunakan untuk menyimpan foto dari dokumen Word menjadi file jpg atau png.

1. Simpan Gambar dari Word Menggunakan Fitur Bawaan Microsoft Word

Cara pertama yang bisa anda lakukan jika ingin menyimpan foto dari dokumen Word ke file JPG atau PNG adalah dengan menggunakan fitur bawaan Word. Karena merupakan fitur bawaan, artinya fitur ini memang sudah tersedia pada Microsoft Word dan tidak perlu melakukakan apapun untuk mengaktifkannya.

Jika anda ingin melakukan cara yang pertama ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Baca Juga :
Rumus Excel Capitalize Each Word untuk Merubah Format Huruf

Langkah pertama adalah silahkan buka file dokumen Word yang di dalamnya terdapat gambar yang ingin anda ekspor menjadi jpg / png. Selanjutnya, cari gambar yang ingin anda simpan dan klik kanan pada gambar tersebut. Kemudian silahkan klik opsi Save as Picture pada opsi yang muncul untuk menyimpan gambar tersebut.

cara menyimpan gambar di word

Setelah terbuka jendela File Save, silahkan anda pilih direktori atau folder dimana akan menyimpan file foto tersebut nantinya. Kemudian, pada bagian File name anda bisa menentukan nama file foto tersebut.

Untuk mengubah ekstensi foto tersebut, silahkan ubah pada bagian Save as type. Jika semua sudah anda atur, maka silahkan klik tombol Save untuk menyimpan gambar tersebut ke penyimpanan Komputer anda.

Setelah itu, gambar yang ada dalam dokumen Word tadi akan menjadi file jpg atau png yang terpisah dan dapat dibuka langsung dari File Explorer.

2. Simpan Gambar dari Word Menggunakan Paint

Cara lainnya yang bisa anda lakukan jika ingin menyimpan sebuah gambar yang ada dalam dokumen Word menjadi file jpg atau png adalah menggunakan Paint. Cara ini bisa anda lakukan sebagai alternatif jika tidak bisa menyimpan gambar menggunakan fitur bawaan Word.

Untuk melakukan cara ini juga sangat mudah, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan anda membuka file dokumen Word yang didalamnya ada gambar atau foto yang ingin disimpan. Kemudian, cari gambar yang ingin disimpan lalu klik kanan dan klik Copy untuk menyalin gambar tersebut.

Selanjutnya, silahkan anda membuka program Paint yang pastinya sudah ada pada semua Windows, baik itu pada Windows 7, 8, atau 10. Setelah terbuka, silahkan anda klik tombol Paste untuk mem-paste gambar yang tadi disalin.

Setelah mem-paste gambar tersebut, silahkan anda langsung klik tombol Crop untuk menghilangkan area putih diluar gambar. Setelah itu anda cukup menyimpan gambar tersebut dengan cara klik tombol Save atau tekan tombol Ctrl + S di Keyboard.

Baca Juga :
MUDAH! Cara Mengubah File Word ke PDF, Tanpa Aplikasi Tambahan

cara menyimpan foto di word

Kemudian, pada jendela Save As silahkan tentukan direktori tempat file tersebut akan disimpan. Anda juga bisa mengubah ekstensi file pada bagian Save as type dan mengganti nama file pada bagian File name. Jika semua sudah anda atur, silahkan klik tombol Save untuk menyimpan file foto tersebut.

Setelah itu, file foto atau gambar tadi akan tersimpan di File Explorer Windows sebagai file jpg atau png.

3. Simpan Gambar dari Word dengan Melakukan Screenshot

Cara alternatif lainnya yang bisa anda lakukan jika ingin menyimpan foto yang ada dalam dokumen menjadi file jpg atau png adalah dengan melakukan screenshot. Untuk melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama-tama silahkan anda membuka file dokumen Word yang memiliki gambar atau foto yang ingin di simpan. Kemudian, anda cukup mencari dan melakukan screenshot pada area gambar yang ingin di simpan tersebut.

Ada beragam cara melakukan screenshot di Windows yang bisa anda lakukan. Salah satu cara paling mudah jika anda menggunakan Windows 10 adalah dengan menekan tombol Ctrl + Shift + S di Keyboard.

Silahkan anda tekan tombol kombinasi tersebut, kemudian pilih area gambar yang ingin di screenshot. Setelah itu, pada bagian kanan layar Komputer akan muncul preview hasil screenshot, silahkan klik preview tersebut.

Selanjutnya akan terbuka jendela Snip & Sketch yang menampilkan gambar yang tadi di screenshot. Silahkan anda klik Save untuk menyimpan gambar tersebut menjadi file jpg ataupun png.

untuk menyimpan gambar pada microsoft word adalah

Setelah menyimpan gambar tersebut menjadi file terpisah, maka anda bisa menggunakannya untuk keperluan apa saja.

4. Simpan Semua Gambar dari Word Sekaligus dengan Metode Save As

Pada cara-cara sebelumnya bisa anda gunakan untuk menyimpan satu atau beberapa gambar dalam dokumen Word. Tapi akan repot jika ingin menyimpan semua gambar dalam dokumen menjadi file pdf atau png. Untuk itu anda memerlukan cara keempat ini jika ingin menyimpan semua gambar dalam dokumen Word secara sekaligus.

Baca Juga :
Cara Mengambil Gambar dari File PDF dan Simpan ke JPG / PNG

Untuk melakukan cara spesial ini anda juga tidak membutuhkan aplikasi khusus, melainkan cukup menggunakan fitur bawaan Word. Jika anda ingin melakukan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan anda membuka file dokumen Word yang semua gambarnya ingin disimpan menjadi jpg atau png. Setelah terbuka, silahkan anda klik menu File, kemudian klik Save As pada opsi yang muncul. Lalu, klik Browse untuk memilih penyimpanan file tersebut.

Pada jendela Save As yang terbuka silahkan anda tentukan dimana ingin menyimpan semua gambar nantinya dan ubah juga nama file pada bagian File name. Dan yang paling penting, silahkan anda mengubah bagian Save as type menjadi Web Page. Jika semua sudah anda ubah, silahkan klik tombol Save untuk menyimpannya.

menyimpan semua gambar dalam word sekaligus

Setelah proses penyimpanan selesai, maka silahkan anda buka File Explorer kemudian cari dimana anda tadi menyimpan file hasil ekspor. Setelah ketemu, anda akan menemukan sebuah file html dan sebuah folder dengan nama yang sama. Silahkan anda buka folder tersebut yang di dalamnya terdapat semua gambar lampiran dokumen Word anda.

Dengan demikian, anda sudah bisa menggunakan gambar-gambar tersebut karena sudah menjadi file jpg / png yang terpisah.

Penutup

Demikian cara mudah menyimpan foto atau gambar dari dalam dokumen Word menjadi file JPG / PNG terpisah. Silahkan anda lakukan cara ini jika ingin menggunakan gambar atai foto dalam dokumen Word untuk keperluan lain.

Silahkan menggunakan cara yang pertama hingga ketiga untuk menyimpan satu atau beberapa gambar saja. Sementara jika anda ingin menyimpan semua gambar dalam Word, maka silahkan gunakan cara yang keempat.

Anda bisa menggunakan cara-cara di atas pada semua edisi Windows, baik itu pada Windows 7, Windows 8.1, ataupun Windows 10. Jadi, OS Windows apapun yang anda gunakan pada Laptop atau PC Desktop, bisa menggunakan cara di atas.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda