Cara Menghilangkan Notifikasi Melayang (Popup) di WA

318

Cara menghilangkan notifikasi melayang atau popup di WhatsApp (WA)

Dalam penggunaan aplikasi sosial media seperti WhatsApp, maka tentu akan ada notifikasi atau pemberitahuan jika terdapat pesan yang baru masuk. Salah satu jenis notifikasi yang akan muncul jika ada pesan WhatsApp yang baru masuk adalah notifikasi melayang atau popup. Notifikasi ini akan menampilkan pengirim dan isi pesan WhatsApp di tengah-tengah layar Android. Jika anda tidak suka, maka cara ini dapat digunakan untuk menghilangkan atau menonaktifkan notifikasi melayang atau popup WhatsApp (WA) tersebut.

Secara default semua jenis notifikasi yang terdapat pada aplikasi WhatsApp akan aktif, termasuk notifikasi melayang atau popup. Pada dasarnya jenis notifikasi ini memiliki tujuan agar anda dapat melihat langsung isi pesan dan membalasnya melalui jendela popup tersebut. Dengan demikian anda tidak perlu repot membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu kemudian membaca dan membalas chat WA yang masuk.

Tetapi meskipun demikian, tentu saja tidak semua orang senang dengan keberadaan jenis notifikasi melayang atau popup tersebut. Beberapa orang mungkin tidak senang karena berbagai alasan, misalnya karena tidak suka jika tiba-tiba muncul jendela popup di tengah layar. Tentu saja ini bisa mengganggu saat anda sedang melakukan aktifitas lain di Smartphone Android yang digunakan. Jika tidak suka, maka anda dapat mematikan atau menghilangkan notifikasi melayang atau popup tersebut menggunakan cara berikut. (Baca juga: Cara Menghilangkan Notifikasi Pesan WA di Layar Atas HP)

Cara Menghilangkan Notifikasi Melayang atau Popup WhatsApp (WA)

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa tentu tidak semua pengguna WhatsApp akan merasa senang dengan adanya jenis notifikasi berupa jendela popup. Ada beragam alasan yang membuat pengguna ingin menyingkirkan jenis notifikasi tersebut. Misalnya saja karena tidak senang dengan adanya jendela melayang ditengah layar yang tiba-tiba muncul.

Alasan lainnya yang membuat pengguna ingin menghilangkan notifikasi popup tersebut adalah karena privasi. Dengan adanya notifikasi popup tersebut di aplikasi WhatsApp, maka setiap isi pesan yang masuk akan langsung tampil di tengah layar. Tentu saja ini akan merusak privasi jika ternyata HP anda sedang dipinjam teman. Karena isi pesan WA tersebut langsung muncul, maka teman yang meminjam HP anda akan langsung melihat dan membaca isinya.

Jika anda mengalami masalah tersebut, maka silahkan mematikan atau menghilangkan notifikasi melayang (popup) di WhatsApp. Cara ini sangat mudah dilakukan, dan anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Agar lebih jelas, silahkan anda simak langkah-langkah berikut.

Silahkan buka aplikasi WhatsApp yang sudah terinstall di Smartphone Android anda. Kemudian, pada jendela utama WhatsApp, silahkan ketuk menu (ikon titik tiga) yang terdapat pada pojok kanan atas. Lalu, pada daftar menu yang muncul, silahkan ketuk Setelan.

Setelan WhatsApp

Selanjutnya, pada jendela Setelan, silahkan ketuk Notifikasi untuk membuka pengaturan notifikasi atau pemberitahuan. Setelah itu akan muncul jendela yang memungkinkan anda untuk mengatur notifikasi, baik notifikasi chat pribadi (Pesan) ataupun notifikasi Grup. Kemudian, pada jendela Notifikasi silahkan ketuk Notifkasi popup, baik pada bagian Pesan ataupun Grup.

Cara mengatur notifikasi WhatsApp

Setelah itu akan muncul pilihan tampilan notifikasi popup yang dapat anda pilih dan terapkan sebagai berikut.

  • Tidak ada popup, jika anda tidak ingin menampilkan notifikasi melayang ketika ada pesan WA yang baru masuk.
  • Hanya ketika layar “hidup”, jika anda ingin menampilkan notifikasi melayang ketika ada pesan WA yang baru masuk, hanya saat layar HP sedang hidup.
  • Hanya ketika layar “mati”, jika anda ingin menampilkan notifikasi melayang ketika ada pesan WA yang baru masuk, hanya saat layar HP sedang mati.
  • Selalu tampilkan popup, jika anda ingin selalu menampilkan notifikasi melayang ketika ada pesan WA yang baru masuk.

Silahkan anda pilih salah satu opsi diatas untuk menerapkannya. Untuk menonaktifkan atau menghilangkan notifikasi melayang atau popup saat ada pesan WA yang baru masuk, maka silahkan ketuk opsi Tidak ada popup.

Cara menghilangkan notifikasi melayang atau popup di WA

Menghilangkan Notifikasi Popup dari Orang Tertentu di WhatsApp (WA)

Selain melakukan pengaturan secara umum, anda juga dapat melakukan pengaturan pada orang atau kontak tertentu saja. Artinya, jika anda tidak ingin menampilkan notifikasi popup saat ada pesan dari orang tertentu di kontak, maka silahkan gunakan bagian ini.

Anda dapat melakukan cara ini jika hanya tidak ingin menampilkan popup dari satu atau dua orang yang bersifat rahasia. Artinya, jika orang yang bersangkutan mengirim pesan, maka tidak akan muncul notifikasi melayang, tetapi jika orang lain maka akan tetap muncul. Untuk melakukannya, maka dibuat notifikasi khusus seperti pada langkah-langkah berikut ini.

Silahkan anda buka kembali aplikasi WhatsApp, kemudian buka chat orang yang tidak ingin anda tampilkan notifikasi popup saat ada pesan WA darinya. Setelah itu, ketuk pada nama atau nomor orang tersebut yang terdapat dibagian atas jendela chat WA. Kemudian, pada jendela profil orang tersebut, silahkan ketuk Notifikasi khusus.

Mengatur notifikasi WA orang tertentu

Selanjutnya, pada jendela Notifikasi yang muncul, silahkan centang pada checkbox Gunakan notifikasi khusus untuk mengaktifkan notifikasi khusus pada orang tersebut. Kemudian, silahkan ketuk bagian Notifikasi popup untuk mengatur notifikasi melayang pada orang tersebut.

Setelah itu, akan muncul daftar opsi tampilan notifikasi yang dapat anda pilih. Sama seperti pada pengaturan umum, silahkan anda pilih opsi Tidak ada popup untuk menghilangkan notifikasi melayang saat ada pesan WA yang baru masuk dari orang tersebut.

Cara menghilangkan notifikasi melayang dari orang tertentu pada WhatsApp (WA)

Itulah cara mudah untuk menonaktifkan atau menghilangkan notifikasi melayang atau popup di WhatsApp (WA). Setelah anda melakukan pengaturan diatas, maka setiap kali ada pesan WhatsApp yang baru masuk, tidak akan muncul lagi notifikasi melayang atau popup. Dengan demikian, anda tidak akan merasa terganggu lagi karena jendela popup yang tiba-tiba muncul di tengah layar. Selain itu, jika HP anda dipinjam teman, maka tidak akan muncul lagi isi pesan yang dapat terbaca secara tidak sengaja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here