3 Cara Membaca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

1961

Cara membaca chat WA tanpa diketahui pengirim

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur aplikasi WA yang sudah terbukti dan efisien dalam memenuhi kebutuhan setiap penggunanya. Maka tidak heran jika pengguna lama semakin betah, dan banyak juga pengguna baru yang terus berdatangan.

Jika anda menggunakan aplikasi WA atau WhatsApp, maka anda bisa berkirim atau menerima pesan ke atau dari siapa saja. Bahkan jika orang yang hendak dikirimi chat tidak terdaftar dikontak anda. Anda tetap dapat melakukan chat di WA tanpa harus menyimpan kontak. Syaratnya tidaklah rumit, anda dan lawan chat cuma harus online atau terkoneksi ke internet agar dapat saling berkirim pesan.

Mengingat siapa saja dapat mengirimi anda pesan, maka hal ini bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Bisa saja anda sedang menghindari seseorang dan tidak ingin membalas chat WA yang dia kirim. Atau, bisa juga anda sedang sibuk dan tidak ingin diganggu, sehingga tidak mungkin untuk membalas semua chat WA. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pengirim chat WA akan tahu jika anda sudah membaca pesannya, karena akan muncul dua tanda centang biru pada pesan yang dikirim. Tetapi, tidak enak rasanya jika anda membuka chat WA tersebut dan tidak membalasnya, hal ini akan terkesan tidak sopan, terlebih lagi jika orang tersebut lebih tua. Di sisi lain, anda juga merasa penasaran perihal isi chat tersebut. Maka, anda tidak usah khawatir dan bingung, karena ada cara untuk membaca chat WA tanpa diketahui oleh si pengirim.

Cara Membaca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirim

Jika anda mengalami masalah diatas, dimana anda sedang tidak ingin membalas chat WhatsApp seseorang, tetapi tidak ingin menampilkan tanda centang biru alias ketahuan membacanya, dan juga penasaran dengan isi chatnya. Anda tidak usah risau lagi, karena anda dapat melihat dan membaca chat WA tersebut tanpa diketahui oleh pengirim pesan. Pada artikel ini akan dibahas 3 cara yang dapat anda gunakan, dan ketiga cara ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun.

1. Membaca Chat WhatsApp di Panel Notifikasi

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk melihat isi chat WA tanpa diketahui oleh si pengirim adalah dengan mengintipnya di panel notifikasi. Semua Smartphone Android sudah pasti memiliki panel notifikasi yang berfungsi untuk menampilkan semua notifikasi atau pemberitahuan, termasuk pemberitahuan jika ada pesan WA yang masuk. Oleh karena itu, anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk memenuhi kebutuhan.

Untuk melihat chat WhatsApp tanpa ketahuan di panel notifikasi, silahkan buka panel notifikasi Android jika ada pesan WA yang masuk. Caranya sangat mudah, silahkan swipe (geser) layar dari ujung atas layar ke bawah. Setelah itu, anda akan melihat pemberitahuan chat WA, termasuk pengirim dan isi pesannya. Namun, biasanya hanya ringkasan chat WA yang ditampilkan, jika ternyata isi pesannya cukup panjang maka cukup swipe ke bawah tepat pada area pesan untuk menampilkan lebih.

membaca chat wa tanpa diketahui

Satu hal yang perlu anda perhatikan adalah, jangan sampai mengetuk notifikasi WA tersebut. Karena, jika anda ketuk maka pesanya akan terbuka di aplikasi WA, dan seketika akan muncul tanda centang biru di aplikasi WA pengirim.

Kekurangan dari cara ini adalah karena anda hanya dapat melihat isi pesan yang berupa teks. Jika ternyata anda dikirimi file gambar, maupun jenis file lainnya, maka cara ini tidak dapat digunakan untuk melihatnya tanpa ketahuan.

2. Membuat Widget WhatsApp di Homescreen (Halaman Depan)

Cara kedua yang dapat anda gunakan jika ingin membaca chat WA tanpa ketahuan oleh pengirimnya adalah dengan memasang widget WhatsApp di Home Screen. Widget aplikasi WA merupakan sebuah perwakilan aplikasi WhatsApp di Homescreen. Keberadaan widget ini bertujuan untuk membantu anda membaca chat WA tanpa harus repot membuka aplikasi WhatsApp.

Jika anda belum tahu, sebuah tanda centang biru pada chat WA yang dikirim hanya akan muncul jika anda membukanya langsung di aplikasi WA. Artinya, jika anda membaca isi pesan melalui widget, bisa dikatakan bahwa anda belum membukanya, yang berarti tidak akan diketahui oleh pengirim. Selain itu, tidak usah khawatir dengan ketersedian widget aplikasi WhatsApp di Smartphone Anda. Widget ini sudah pasti ada jika anda menginstall aplikasi WA. Hanya saja, cara aksesnya berbeda pada setiap jenis Smartphone Android.

Untuk membuat widget aplikasi WhatsApp di homescreen, silahkan sentuh dan tahan pada homescreen hingga muncul beberapa menu di bagian bawah, salah satunya adalah menu Widgets. Selanjutnya, silahkan ketuk Widgets untuk melihat daftar widget apa saja yang dapat anda buat atau tampilkan. Selanjutnya, silahkan geser ke kanan atau ke kiri (beberapa jenis Ponsel harus geser ke bawah atau ke atas) untuk mencari widget aplikasi WA, kemudian ketuk widget WhatsApp(3) jika sudah ditemukan.

Membuat widget WA di homescreen

Pada tampilan selanjutnya, akan muncul tiga jenis widget WhatsApp yang dapat anda pilih.

  • WhatsApp4x2 adalah widget aplikasi WA yang akan menampilkan semua daftar chat WA yang belum dibaca di halaman depan.
  • WhatsApp Chat1x1 adalah widget aplikasi WA yang akan membuat tombol pintasan chat WA dari satu kontak di halaman depan.
  • WhatsApp Camera1x1 adalah widget aplikasi WA yang akan membuat tombol pintasan untuk membuka kamera WhatsApp.

Berhubung karena anda memerlukan cara untuk membaca chat WA tanpa diketahui pengirimnya, maka tentu saja anda perlu melihat semua chat yang belum dibaca. Sehingga yang harus anda pilih dan tampilkan di homescreen adalah widget WhatsApp4x2. Caranya adalah dengan mengetuk pada widget WhatsApp4x2, beberapa jenis Ponsel Android juga mengharuskan anda menggesernya ke homescreen.

Menampilkan widget WhatsApp di halan depan

Jika ternyata tampilannya terlalu sempit, anda jangan khawatir karena anda dapat mengubah tinggi dan lebar widgetnya. Silahkan sentuh dan tahan pada area widget WA hingga muncul semacam bingkai, silahkan geser area bingkai untuk mengatur tinggi atau lebar.

Sayangnya, jika anda menggunakan cara yang kedua ini, maka anda juga tidak akan dapat melihat isi chat berupa gambar maupun jenis file lain. Anda hanya dapat melihat isi pesan berupa teks sama seperti cara yang pertama.

Satu hal lagi yang perlu anda ketahui bawa cara ini juga dapat anda gunakan untuk melihat percakapan di grup WA tanpa ketahuan. Artinya anda juga dapat melihat isi grup secara diam-diam.

3. Mematikan Fitur Read receipts (Laporan dibaca)

Cara ketiga yang dapat anda gunakan untuk membuka chat WA tanpa ketahuan adalah dengan mematikan fitur atau laporan dibaca. Fitur ini sebenarnya memiliki fungsi untuk memberikan laporan jika anda sudah membaca sebuah pesan WA. Artinya, jika anda mematikan fitur ini, maka tidak akan ada lagi yang memberikan laporan ke pada pengirim chat meskipun anda sudah membaca isi pesannya.

Untuk mematikan fitur ini tidaklah rumit, anda hanya perlu melakukan beberapa langkah di pengaturan privasi. Oleh karena itu, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan buka aplikasi WhatsApp, kemudian pada jendela utama ketuk menu (titik tiga) yang terdapat di pojok kanan atas. Setelah itu, pada daftar menu yang muncul, silahkan ketuk Settings untuk membuka pengaturan aplikasi WA.

Cara setting aplikasi WhatsApp

Selanjutnya, pada jendela Settings silahkan ketuk Account untuk membuka pengaturan akun WA anda. Lalu, pada jendela selanjutnya ketuk Privacy untuk membuka pengaturan privasi.

Mengatur agar dapat membaca chat WA tanpa ketahuan

Pada jendela Privacy, silahkan scroll kebawah dan cari bagian Read receipts. Jika sudah anda temukan silahkan ketuk pada Read receipts sehingga toggle di sebelah kanannya berubah menjadi off.

Cara melihat chat wa tanpa diketahui pemiliknya

Dengan demikian fitur Read receipts atau laporan dibaca pada aplikasi WA anda sudah dinonaktifkan. Artinya, meskipun anda membuka dan membaca chat WA dari siapa saja, tidak akan ada lagi yang mengirim laporan bahwa anda sudah membacanya.

Keunggulan dari cara ketiga ini adalah karena anda tidak hanya dapat melihat isi chat WA berupa teks seperti pada cara pertama dan kedua. Jika menggunakan cara ketiga ini, anda juga dapat melihat isi chat berupa gambar, video, maupun jenis file lainnya, dan tanpa ketahuan oleh pengirimnya.

Sayangnya, cara ketiga ini memiliki kekurangan yaitu sifatnya berlaku dua arah. Artinya, jika anda menggunakan cara ketiga ini maka anda juga tidak akan dapat melihat apakah chat WA yang anda kirim sudah dibaca oleh penerima atau belum.

Hal lain yang perlu anda ketahui tentang cara ketiga ini adalah, bahwa cara ini juga dapat anda gunakan jika ingin membaca percakapan di grup tanpa ketahuan, sama seperti cara kedua. Tapi, tidak hanya itu saja, jika anda menggunakan cara ketiga ini, maka anda juga dapat melihat status WA orang lain tanpa ketahuan.

Itulah 3 cara yang dapat anda lakukan jika hendak membaca chat WA tanpa diketahui oleh pengirim pesan. Cara-cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun yang pasti sangat mudah dilakukan. Artikel ini akan sangat cocok bagi anda yang sedang tidak ingin membalas pesan WA dari seseorang, tetapi penasaran dengan isi pesannya. Sementara, jika anda ketahuan membacanya tetapi tidak dibalas, maka akan menimbulkan kesan tidak sopan atau tidak menghargai. Sehingga anda harus membuka dan membaca pesan WA tersebut tanpa ketahuan bahwa anda sudah membacanya.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here