3 Cara Melihat Status WA Tanpa Diketahui Pemiliknya

3520

Cara melihat status WA (WhatsApp) tanpa diketahui pemiliknya

Aplikasi WhatsApp merupakan layanan messager yang paling digemari saat ini, tentu saja keberagaman fitur yang ditawarkan. Salah satu fitur yang sangat sering digunakan adalah fitur update status. Dengan fitur ini anda dapat melihat dan membagikan status melalui aplikasi WhatsApp. Tapi, bagaimana jika ingin melihat status WA teman secara diam-diam, alias tanpa ketahuan?. Tenang saja, karena ada cara untuk melihat status WA seseorang tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jika anda membuat status di aplikasi WhatsApp, maka semua orang dapat melihat status yang dibuat. Tentu saja ini tidak berlaku jika sebelumnya anda sudah mengatur siapa saja yang bisa melihat status WA anda. Terkait dengan hal ini, maka anda akan mendapat laporan siapa saja yang telah melihat status WA yang dibuat atau dipublikasikan. Jadi, jika anda membuka atau melihat status WA seseorang, maka tentu saja dia akan tahu bahwa anda sudah melihat statusnya.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa orang ingin melihat status WA yang baru saja dibuat oleh orang lain tanpa ketahuan. Anda jangan khawatir karena hal ini sangat mungkin untuk dilakukan. Anda dapat membuka status WhatsApp seseorang, tapi si pembuat status tidak akan tahu bahwa anda sudah melihatnya. Hal ini mungkin karena aplikasi WhatsApp tidak akan melakukan salah satu tugasnya, yaitu untuk mengirim laporan kepada siapa saja yang sudah anda lihat statusnya. Artinya, anda dapat melihat status WA tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Cara Melihat Status WA Tanpa Diketahui Oleh Pemiliknya

Jika anda ingin mengintip status orang lain secara diam-diam, maka hal ini sangat mungkin untuk dilakukan. Anda dapat melihat status WA teman atau siapapun itu tanpa diketahui oleh pemilik status tersebut. Untuk melakukannya, maka salah satu dari ketiga cara berikut ini dapat anda coba.

1. Mematikan Fitur Read receipts di Pengaturan Privasi

Cara pertama yang dapat anda lakukan jika ingin leluasa melihat status WA seseorang tanpa diketahui oleh pemiliknya adalah dengan mematikan fitur Read receipts. Fitur Read receipts atau Laporan dibaca adalah sebuah fitur bawaan WhatsApp untuk mengirim laporan jika anda membuka status seseorang kepada pemilik status. Artinya, fitur inilah yang akan membuat akun anda tercantum pada daftar orang yang melihat status WA yang anda lihat.

Dengan demikian, jika anda mematikan fitur ini, maka tentu saja tidak akan ada lagi yang mengirim laporan meskipun anda melihat status WA seseorang. Yang berarti pemilik status tidak akan tahu bahwa anda sudah melihat status WA yang baru saja dia update.

Untuk mematikan fitur Read receipts ini tidaklah sulit, anda dapat melakukannya hanya dengan beberapa langkah. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti petunjuk atau langkah-langkah berikut ini.

Silahkan buka aplikasi WhatsApp di Smartphone Android anda, kemudian ketuk tombol menu (titik tiga) yang terdapat di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp. Setelah itu, pada dafar menu yang muncul, silahkan ketuk atau pilih Settings. Pada jendela selanjutnya, silahkan ketuk Account untuk membuka pengaturan Akun WhatsApp anda.

Melakukan pengaturan privasi WhatsApp

Pada jendela pengaturan akun yang muncul, silahkan ketuk Privacy untuk membuka pengaturan privasi. Pada jendela Privacy, silahkan cari dan ketuk bagian Read receipts hingga berubah menjadi off.

Mematikan fitur read receipts (laporan dibaca)

Sampai disini anda sudah berhasil mematikan fitur Read receipts atau laporan dibaca. Artinya, anda sudah dapat melihat status WA orang lain tanpa ketahuan. Hal ini karena status WA siapapun yang anda buka, maka pemiliknya tidak akan tahu bahwa anda sudah melihatnya.

Namun, ada hal yang perlu anda ketahui bahwa cara ini memiliki kekurangan yaitu berlaku dua arah. Jika anda menggunakan cara ini, maka anda juga tidak akan menerima laporan jika orang lain melihat status WA yang dibuat. Artinya, anda tidak akan tahu siapa saja yang sudah membuka atau melihat status WA anda.

Sebagai informasi tambahan, cara ini juga dapat anda gunakan untuk melihat isi chat WA orang lain tanpa diketahui pengirimnya. Tidak hanya itu, jika anda melakukan cara ini, maka anda juga dapat melihat percakapan di grup WA tanpa ketahuan.

2. Melihat Status WA di File Explorer

Cara kedua yang dapat anda gunakan untuk melihat status WA tanpa diketahui oleh pemiliknya adalah melalui File Explorer. Bagi anda yang belum tahu, setiap status WhatsApp yang masuk di akun anda akan tersimpan di memori ponsel. Dengan demikian, anda dapat mengaksesnya melalui file explorer.

Jika anda melihat status WhatsApp tersebut di File Explorer, maka tentu saja aplikasi WA tidak akan mengirim laporan bahwa status WA tersebut sudah dibuka. Dengan demikian, pemilik status tidak akan tahu bahwa anda sudah melihat status WA miliknya.

Untuk melakukan cara ini tidaklah sulit dan dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapanpun itu. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan cara kedua ini.

Silahkan buka File Explorer di Smartphone Android anda, kemudian cari dan buka folder WhatsApp. Selanjutnya, pada folder WhatsApp silahkan buka folder Media.

Membuka folder media WhatsApp di file manager

Jika anda sudah berada pada folder Media, silahkan cari folder .Statuses. Jika anda tidak menemukannya, maka artinya folder tersebut tersembunyi, karena secara default memang tersembunyi. Jika aplikasi File Explorer anda memiliki fitur Show hidden files, maka silahkan gunakan fitur tersebut. Anda dapat melakukannya dengan cara ketuk tombol Show lalu pilih opsi Show hidden files. Namun, jika tidak tersedia fitur ini pada File Explorer bawaan Smartphone Android anda, maka silahkan langsung menuju cara ketiga.

Menampilkan file tersembunyi di file manager

Setelah itu, jika sudah muncul silahkan buka folder .Statuses. Pada folder ini, akan terlihat semua status yang masuk ke akun WhatsApp anda.

Cara melihat status WA tanpa ketahuan

Sayangnya, kelemahan dari cara ini karena anda hanya dapat melihat status yang berupa gambar atau vidio. Anda tidak akan dapat melihat status WhatsApp berupa teks.

Hal menarik dari kedua cara ini adalah karena anda juga dapat menggunakannya jika anda hendak menyimpan status WA orang lain. Anda dapat menyimpan status WA berupa video maupun gambar tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu.

3. Melihat Status WA di EZ File Explorer

Cara ketiga yang dapat anda gunakan untuk melihat status WA tanpa ketahuan adalah dengan menggunakan aplikasi EZ File Explorer. Pada dasarnya cara ini sama saja dengan cara yang kedua, hanya saja jika pada File Explorer bawaan Android anda tidak memiliki fitur Show hidden files, maka anda tidak akan dapat menggunakan cara kedua. Perbedaannya dengan cara kedua hanya karena anda menggunakan aplikasi tambahan, yaitu EZ File Explorer.

Untuk melakukan cara ketiga ini juga tidak rumit sama sekali. Terlebih lagi jika anda sudah membaca cara kedua. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk atau langkah-langkah berikut.

Silahkan install EZ File Explorer terlebih dahulu melalui Google Play Store. Jika sudah berhasil anda install pada Smartphone Android yang digunakan, silahkan buka aplikasinya.

Install EZ File Explorer

Pada jendela EZ File Explorer, silahkan buka folder WhatsApp. Pada isi folder tersebut silahkan buka folder Media.

Selanjutnya, didalam folder Media, silahkan cari folder yang bernama .Statuses. Jika ternyata tidak ada, maka anda perlu menampilkannya terlebih dahulu. Silahkan ketuk menu (tiga baris) yang terdapat di pojok kiri atas aplikasi EZ File Explorer. Setelah itu, silahkan ketuk Show hidden files pada daftar pilihan yang muncul, sehingga toggle di sebelah kanan berubah menjadi on.

Menampilkan file atau folder tersembunyi di EZ File Explorer

Jika sudah muncul, silahkan buka folder .Statuses yang berisi semua status WA yang sudah masuk. Pada folder ini anda akan melihat semua status WA yang sudah masuk ke akun WhatsApp di Smartphone Android anda. Karena anda tidak membukanya di aplikasi WhatsApp, maka tidak akan terkirim laporan bahwa anda sudah melihat status-status tersebut. Artinya, pemilik status tidak akan tahu bahwa anda sudah melihatnya.

Melihat status WA orang lain tanpa diketahui

Namun, anda juga perlu tahu bahwa cara ketiga ini memiliki kelemahan sama seperti cara yang kedua, yaitu hanya dapat menampilkan status berupa gambar atau vidio. Jadi, anda tidak akan dapat melihat status WhatsApp orang lain yang berupa teks.

Sama juga seperti cara kedua, dimana cara ketiga ini juga dapat anda gunakan untuk menyimpan status WA teman ke Galeri. Jadi, jika anda ingin menyimpan status WA orang lain yang berupa vidio atau gambar, maka cara ini juga berlaku.

Itulah 3 cara melihat status WA orang lain tanpa diketahui oleh pemiliknya. Jadi, jika anda ingin mengawasi seseorang melalui status-status WhatsApp yang dia upload, maka artikel ini sangatlah cocok. Dengan demikian, pemilik status WA tidak akan tahu bahwa anda sudah melihat setiap status WhatsApp yang dia buat dan publikasikan, karena tidak akan terkirim laporan ke akunnya.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here