Cara Registrasi Kartu Prabayar, Lengkap Semua Operator

3337

Registrasi kartu prabayar semua operator – Mulai 31 Oktober Kemarin, secara resmi pelanggan atau pengguna kartu SIM prabayar baru (perdana) diwajibkan melakukan registrasi menggunakan NIK dan Nomor KK. Hal ini untuk keperluan validasi pemilik dengan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Tidak hanya bagi pengguna kartu prabayar baru (perdana), pelanggan yang lama atau pemilik kartu aktif juga diwajubkan untuk melakukan hal yang sama. Aturan ini merupakan aturan baru Kemkominfo untuk meningkatkan keamanan pengguna SIM prabayar. Jadi jika anda tidak mematuhi aturan ini, maka tentu saja ada sanksi yang akan diterima.

Karena hal aturan ini merupakan sesuatu yang baru dalam penggunaan kartu SIM prabayar, dimana selama ini tidak perlu diregistras menggunakan NIK dan KK. Maka tentu saja akan ada masyarakat yang merasa bingung. Lalu bagaimana sih cara registrasi kartu prabayar sesuai dengan aturan baru Kemkoinfo? dan tahapan apa saja yang akan dilalui?

Cara registrasi kartu prabayar semua Operator

Jika anda merasa bingung bagaimana cara registrasi kartu SIM yang digunakan, maka jangan khawatir karena akan dibahas pada artikel ini. Semuanya akan dibahas baik untuk registrasi kartu perdana maupun untuk registrasi ulang kartu aktif.

Telkomsel (Simpati dan Kartu AS)

Bagi anda pelanggan Telkomsel baik yang pengguna lama maupun pengguna baru, maka silahkan ikuti petunjuk berikut untuk melakukan registrasi perdana dan registrasi ulang.

Silahkan buka aplikasi Pengirim pesan (SMS) kemudian ikuti format berikut:
Registrasi Perdana : REG<spasi>16 digit NIK#16 digit Nomor KK#
Registrasi Ulang : ULANG<spasi>16 digit NIK#16 digit Nomor KK#
Lalu kirim ke 4444.

XL Axiata (XL dan Axis

Bagi anda pelanggan XL Axiata. baik itu pengguna SIM XL maupun SIM Axis, silahkan ikuti format berikut:

Silahkan buka aplikasi Pengirim pesan (SMS) kemudian ikuti format berikut:
Registrasi Perdana : DAFTAR#16 digit NIK#16 digit Nomor KK
Registrasi Ulang : ULANG#16 digit NIK#16 digit Nomor KK
Lalu kirim ke 4444.

Indosat (IM3 dan Mentari), Tri dan Smartfren

Untuk pelanggan Indosat, Tri, dan Smartfren maka ikuti petunjuk registrasi berikut.

Silahkan buka aplikasi Pengirim pesan (SMS) kemudian ikuti format berikut:
Registrasi Perdana : 16 digit NIK#16 digit Nomor KK#
Registrasi Ulang : ULANG#16 digit NIK#16 digit Nomor KK#
Lalu kirim ke 4444.

Setelah anda mengirimkan sms registrasi tersebut, silahkan tunggu SMS balasan yang menyatakan apakah proses registrasi gagal atau berhasil. Jika ternyata proses registrasi yang anda lakukan gagal, kemungkinan besar diakibatkan karena kesalahan penginputan NIK dan Nomor KK. Untuk itu, silahkan periksa dengan teliti Nomor KK dan NIK yang anda masukkan.

Proses valiadsi data yang anda kirimkan bisa saja memakan waktu lama hingga beberapa jam. hal ini diakibatkan karena data yang anda kirimkan harus dicocokkan dengan data kependudukan di Dukcapil. Jadi jangan risau jika belum juga mendapatkan balasan SMS.

Itulah cara registrasi kartu prabayar semua operator. Jika anda mengikuti petunjuk dengan baik, maka dijamin proses registrasi kartu prabayar anda akan berhasil tanpa kendala. Jika ternyata data yang anda masukkan sudah benar dan masih ditolak juga, silahkan hubungi operator seluler yang bersangkutan.

Catatan Penting:

Jaga baik-baik kerahasiaan NIK dan Nomor KK anda, dengan tidak melakukan hal berikut:

  • Meminta orang lain selain keluarga untuk melakukan registrasi kartu prabayar anda.
  • Mengirimkan NIK dan Nomor KK kepada orang lain.
  • Mengupload screenshoot (tangkapan layar) hasil registrasi ke sosial media tanpa melakukan sensor NIK dan Nomor KK.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here