Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard yang Tidak Berfungsi dengan Tombol Lain

14641

mengganti fungsi tombol keyboard

Bagi pengguna perangkat Komputer baik yang berupa Laptop maupun PC Dekstop, maka keberadaan sebuah keyboard merupakan sesuatu yang mutlak dan harus terpenuhi. Namun, bagaimana jika terdapat satu atau banyak tombol pada Keyboard Komputer anda yang tidak berfungsi. Tentu saja ini akan menghambat pekerjaan yang harus dilakukan. Sebenarnya terdapat solusi alternatif, yaitu dengan menggunakan On Screen Keyboard yang disediakan oleh Windows secara default. Namun tentu saja cara ini bisa dikatakan ribet dan sedikit merepotkan. Cara lainnya untuk mengatasi jika terdapat salah satu atau banyak tombol keyboard yang tidak berfungsi adalah dengan mengganti fungsi tombol keyboard dengan tombol yang lain.

Mengganti fungsi tombol Keyboard, apakah bisa? Tentu saja tidak ada hal yang mustahil selama ingin mencobanya. Kebanyakan orang akan memilih langsung mengganti keyboard secara keseluruhan jika terdapat beberapa tombol yang tidak berfungsi atau tidak bisa digunakan. Jika dana yang dimiliki lebih dari cukup memang tidak masalah, lalu bagaimana jika dana yang dimiliki pas-pasan atau bahkan kurang, terlebih lagi jika yang bermasalah adalah Keyboard laptop yang harganya relatif mahal jika dibandingkan dengan Keyboard PC Dekstop.

Solusi Tombol Keyboard yang tidak berfungsi

Solusi terbaik agar tetap dapat menggunakan Keyboard tersebut, meskipun dengan adanya tombol yang tidak berfungsi adalah dengan menggunakan tombol lain untuk menggantikan fungsi tombol yang rusak tersebut. Dengan cara ini anda tetap dapat menggunakan Keyboard tersebut secara produktif dan tidak perlu menggunakan On Screen Keyboard yang penggunaannya lumayan ribet.

Jika pada Keyboard yang anda gunakan terdapat beberapa tombol yang tidak berfungsi sedangkan tombol tersebut sangat sering digunakan. Misalnya yang tidak berfungsi adalah tombol CTRL, maka anda bisa menggunakan tombol ALT atau tombol manapun yang anda suka untuk menggantikan fungsi tombol CTRL yang tidak berfungsi tersebut. Jadi, misalkan anda menggunakan tombol ALT untuk menggantikan fungsi tombol CTRL, maka ketika anda menekan tombol ALT, yang akan terjadi adalah sama seperti ketika anda menekan tombol CTRL. Contoh lain, misalnya tombol 2 yang tidak berfungsi, kemudian anda hendak menggunakan tombol F2 untuk menggantikannya, maka ketika anda menekan tombol F2 yang akan keluar sebagai output adalah angka 2 sama seperti ketika anda menekan tombol 2.

Bagi anda para gamers yang sering menggunakan Keyboard sebagai Controller, maka cara ini bisa sangat membantu. Biasanya bagi para gamers yang menggunakan Keyboard, tombol pada Keyboard yang paling cepat rusak adalah tombol arah (Up, Left, Down, Right). Jika tombol arah tersebut sudah rusak maka anda tidak akan bisa lagi menggunakannya untuk bermain game maupun melakukan navigasi biasa. Solusinya adalah anda bisa menggunakan tombol Keyboard yang lain untuk menggantikan fungsi tombol arah yang tidak berfungsi atau rusak tersebut. Misalnya, anda bisa menggunakan tombol Numpad 5 untuk menggantikan tombol Up, Numpad 1 untuk menggantikan tombol Left, Numpad 2 untuk menggantikan tombol Down, dan Numpad 3 untuk menggantikan tombol Right. Atau anda juga bisa menggunakan tombol lainnya, manapun yang anda sukai untuk menggantikan tombol navigasi tersebut. (Baca Juga : Tips merawat Laptop agar lebih awet)

Mengganti Fungsi tombol keyboard dengan tombol lain

Bagi anda pengguna Windows, sebenanrya anda bisa dengan mudah mengganti fungsi tombol keyboard dengan tombol lain. Sehingga jika terdapat beberapa tombol pada keyboard yang tidak berfungsi atau tidak dapat digunakan, tidak perlu langsung menggantinya dengan yang baru. Mengganti fungsi tombol keyboard dengan tombol lain ini bisa anda lakukan dengan mudah menggunakan bantuan Software Sharpkeys. Bagaimana cara mendapatkan software ini dan menggunakannya untuk mengganti fungsi tombol keyboard? silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Download Software SharpKeys melalui link ini.

Langkah 2

Install Software SharpKeys yang telah anda download. Kemudian Pada jendela Welcome Setup, klik Next.

mengganti fungsi tombol keyboard

Langkah 3

Pada jendela select installation folder, silahkan klik Next.

Langkah 4

Kemudian klik Next pada jendela Confirm Installation.

Langkah 5

Tunggu hingga proses Install selesai, jika sudah selesai silahkan klik Close pada jendela installation Complete. Lalu buka SharpKeys yang telah anda install. Saat anda menjalankannya akses sebagai Adminsitrator akan diminta, silahkan klik Yes.

Langkah 6

Pada jendela SharpKeys, untuk mengganti fungsi sebuah tombol silahkan klik Add.

mengganti fungsi tombol keyboard

Langkah 7

Kemudian pada jendela yang muncul, anda akan melihat dua list. List tersebut adalah daftar tombol pada Keyboard. Yang bagian kiri berisi list Map this key (From Key) adalah tombol yang akan digunakan sebagai pengganti fungsi tombol lain. Bagian kanan berisi list To this Key (To key) adalah tombol yang akan digantikan fungsinya.

Misalnya tombol yang tidak befungsi adalah tombol CTRL kemudian anda hendak menggunakan tombol ALT sebagai pengganti fungsi tombol CTRL tersebut, maka silahkan cari tombol kode tombol ALT pada list bagian kiri dan kode tombol CTRL pada list bagian kanan.

Jika anda kesulitan mencari kode tombol keyboard tersebut, baik pada list Map this key ataupun list to this key, silahkan klik Type Key. Kemudian tekan tombol yang anda maksud setelah muncul jendela Type key. Kamudian klik Ok. Untuk mencari kode tombol yang tidak berfungsi dengan Type Key, maka anda bisa menggunakan Oc Screen Keyboard.

Setelah anda memilih kode tombol baik pada list kiri atau map this key (From key) maupun pada list kanan atau To this key (To key), silahkan klik Ok. Untuk menambahkan tombol lain silahkan ulangi langkah 6 dan langkah 7 pada setiap tombol yang dikehendaki.

Langkah 8

Setelah anda mengatur semua tombol mana yang akan digantikan fungsinya, beserta tombol penggantinya maka silahkan klik Write to Registery pada jendela utama SharpKeys. Pada jenela yang menyatakan key mapping sukses, silahkan klik Ok. Lalu anda bisa menutup Software SharpKeys.

Langkah 9

Agar perubahan pada fungsi tombol keyboard yang telah dilakukan bisa berjalan, silahkan Restart Komputer anda atau Log Off/Log Out. Setelah proses Restart atau Logout selesai, maka tombol yang sebelumnya tidak berfungsi sudah dihgantikan fungsinya oleh tombol yang anda pilih.

Mengembalikan Fungsi Tombol Seperti Semula

Jika sebelumnya anda pernah mengatur beberapa tombol untuk menggantikan fungsi tombol lain pada Keyboard, kemudian anda hendak untuk mengembalikannya seperti semula maka caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuka kembali SharpKeys, kemudian klik Delete All lalu klik Write to Registery. Setelah itu silahkan Restart atau Log Out komputer anda agar perubahannya bekerja. Setelah proses Restart selesai, maka fungsi tombol Keyboard anda akan kembali seperti semula.

mengganti fungsi tombol keyboard

Itulah cara mudah mengganti fungsi tombol Keyboard dengan tombol lain. Dengan adanya cara ini anda tidak perlu langsung membeli Keyboard baru, atau menggunakan On Screen Keyboard ketika hendak mengetik. Selain itu agar perubahan yang dilakukan bisa bekerja, anda tidak perlu terus membuka Software SharpKeys, melainkan hanya pada saat melakukan konfigurasi fungsi tombol Keyboard.

ARTIKEL TERKAIT

32 KOMENTAR

    • Program yang digunakan terintall di Windows mas. Jadi hanya bisa digunakan ketika menjalankan Windows. Artinya tidak dapat digunakan untuk masuk BIOS.

  1. Kok tidak work di laptop saya ya gan? Pdahal sudah sesuai turorial.
    Saya mau mengalih fungsikan tombol spasi ke shift kanan, karena tombol spasi saya tidak berfungsi.
    Berarti kan kolom kiri diisi shift kanan, kolom kanan diisi space.
    Sudah saya klik ‘write to registry’ jg. lalu close.
    Trs saya restart laptop saya.
    Kok gk bisa ya gan,,?
    mohon bantuannya,,

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here