SEO Checklist 2023, Meningkatkan Peringkat Website di Mesin Pencari

0
295

SEO checklist 2023 untuk pemula

Jika anda memiliki sebuah website, maka tentu anda ingin jika isi website tersebut selalu muncul pada mesin pencari. Jika website anda ternyata jarang atau tidak pernah muncul di mesin pencari, maka anda perlu melakukan optimasi SEO yang lebih baik.

Optimasi SEO merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan jika ingin membuat isi atau artikel website selalu muncul di mesin pencari. Karena jika anda ingin website selalu muncul di mesin pencari, maka isi atau artikel tersebut harus mendapat peringkat yang bagus di mesin pencari seperti Google dan Bing.

Agar website bisa mendapat peringkat yang bagus di mesin pencari, maka anda harus melakukan optimasi SEO. Jika melakukan optimasi SEO dengan benar, maka itu akan bisa meningkatkan peringkat website anda di mesin pencari. Untuk melakukan optimasi SEO agar peringkat website bisa meningkat, ada beberapa SEO checklist yang harus dilakukan. SEO checklist adalah daftar langkah yang harus dilakukan untuk memperbaiki SEO website anda.

SEO Checklist untuk Memperbaiki SEO Website

Melakukan optimasi SEO memang tidaklah mudah, karena dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman untuk melakukannya. Namun, anda tidak usah khawatir karena berikut akan diberikan beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memperbaiki skor SEO agar peringkat website di mesin pencari bisa meningkat.

1. Pastikan Website Responsif dan Mobile Friendly

Dalam era digital saat ini, semakin banyak orang yang mengakses internet melalui perangkat seluler. Bahkan bagi beberapa website besar, trafik dari perangkat Smartphone lebih besar dibanding dari perangkat Desktop.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat tampilan website tetap rapih dan menarik saat diakses menggunakan perangkat Smartphone. Dengan kata lain, anda harus membuat website yang responsif dan mobile friendly.

Mesin pencari seperti Google dan Bing tentunya ingin merekomendasikan website yang bisa membuat pengunjung nyaman, salah satu faktornya adalah website harus responsif dan mobile friendly. Jika website anda responsif dan mobile friendly, maka mesin pencari akan lebih merekomendasikan website anda sehingga bisa meningkatkan peringkatnya.

Jadi, jika saat ini website anda belum responsif, maka ada bisa mengganti theme atau template website dan gunakan theme atau plugin yang memiliki tampilan responsif.

2. Tingkatkan Kecepatan Website

Kecepatan website sangat penting dalam meningkatkan peringkat website anda di mesin pencari. Website yang bisa diakses dengan cepat akan membuat pengunjung merasa nyaman karena tidak perlu menunggu lama.

Dari sisi mesin pencari juga akan lebih mengutamakan pengalaman pengunjung, sehingga website yang lebih cepat berpotensi mendapat ranking yang lebih baik di mesin pencari. Oleh karena itu, periksa kembali waktu loading website anda dan usahakan untuk membuatnya lebih cepat.

Baca Juga : Sejarah Google Maps dan Google Earth

Agar website anda bisa menjadi lebih cepat, pastikan anda menggunakan hosting yang bagus dan cepat juga, theme yang ringan, dan jangan gunakan terlalu banyak plugin yang tidak begitu perlu.

Jika halaman website memiliki gambar, pastikan bahwa ukuran gambar-gambar tersebut tidak terlalu besar. Penggunaan gambar yang memiliki ukuran terlalu besar akan sangat berpotensi membuat website menjadi lebih lambat.

Selain itu, menggunakan plugin cache juga bisa meningkatkan kecepatan website dengan cukup signifikan. Anda bisa menggunakan plugin cache seperti WP Rocket, WP Super Cache, Litespeed Cache, dan lain sebagainya.

Untuk mengecek kecepatan website, anda bisa menggunakan tool-tol seperti GTmetrix, Google Page Speed, dan lainnya. Anda juga bisa mengukur sendiri berapa waktu loading website anda saat diakses melalui perangkat Desktop maupun Smartphone.

3. Perhatikan Keamanan Website

Keamanan tentu merupakan hal penting yang harus diperhatikan, tidak hanya untuk menghindari website anda dikacaukan orang jahat, tapi juga untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Salah satu faktor keamanan website yang harus diperhatikan adalah perihal SSL atau memastikan website anda menggunakan HTTPS.

Mesin pencari seperti Google dan Bing pastinya menghargai pengunjung sehingga tidak ingin menyajikan situs web yang tidak terlindungi. Itulah sebabnya sangat jarang atau bahkan tidak pernah menemukan website yang tidak menggunakan HTTPS memiliki peringkat bagus di mesin pencari.

Jadi, pastikan website anda menggunakan HTTPS agar lebih aman dan dapat peringkat lebih baik di mesin pencari. Jika situs web anda belum menggunakan HTTPS, maka anda dapat memasang SSL gratis atau menggunakan sertifikat SSL berbayar atau premium.

SSL Premium hadir dengan banyak fitur seperti perpanjangan mudah, biaya rendah, opsi validitas ganda, dll. Anda dapat membeli berbagai jenis SSL dalam kategori SSL premium seperti domain tunggal, Wildcard SSL Certificate, SSL multi domain, dll.

4. Menentukan Kata Kunci yang Strategis

Kata kunci merupakan salah satu faktor penting untuk menetukan apakah sebuah halaman website akan mendapat peringkat bagus di mesin pencari atau tidak. Kata kunci adalah kata atau frasa yang digunakan oleh pengguna mesin pencari untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, menentukan kata kunci yang tepat sangat penting dalam meningkatkan visibilitas website anda di mesin pencari. Setidaknya ada dua tolak ukur yang harus diperhatikan dalam menentukan kata kunci, yaitu volume pencarian dan persaingan SEO.

Jika bisa, anda harus menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi dan persaingan SEO rendah. Ada beberapa alat yang dapat anda gunakan untuk menentukan kata kunci yang strategis seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, dan lainnya.

Baca Juga : Mengenal Apa Pengertian Domain, Fungsi dan Jenisnya pada Web

5. Optimalkan Konten Anda untuk Kata Kunci yang Relevan

Setelah anda berhasil menentukan kata kunci yang strategis, maka anda sudah bisa mulai menulis konten berdasarkan kata kunci tersebut. Dalam menulis konten, optimalkan dengan kata kunci yang sudah ditentukan, pastikan juga isinya berkualitas dan tetap relevan dengan kata kunci tersebut.

Konten yang relevan dan berkualitas adalah faktor yang sangat penting dalam SEO. Selain itu, pastikan juga konten yang anda tulis mudah dibaca dan memiliki struktur yang baik.

6. Optimalkan Tag Judul dan Deskripsi Meta

Tag judul dan deskripsi meta adalah salah satu elemen yang sangat penting dalam SEO. Oleh karena itu, untuk memperbaiki SEO halaman website anda, maka pastikan untuk selalu mengatur dan mengoptimalkan tag judul dan deskripsi meta.

Tag judul dan deskripsi meta juga harus relevan dengan isi konten halaman dan harus mengandung kata kunci yang telah ditentukan. Tag judul harus mengandung kurang dari 60 karakter, sedangkan deskripsi meta harus mengandung kurang dari 160 karakter.

Jika pada website anda tidak ada form untuk mengatur tag judul dan deskripsi meta, maka silahkan install plugin SEO seperti Yoast, RankMath, dan lainnya.

7. Optimalkan Gambar pada Halaman Website

Halaman website yang mempunyai gambar tentunya memiliki nilai lebih dibanding halaman yang berisi teks saja. Namun, gambar yang ada pada halaman website juga harus dioptimalkan agar bisa membantu meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

Untuk mengoptimalkan gambar pada halaman website, anda harus mengatur Alt text dan menuliskan deskripsi singkat tentang gambar tersebut, pastikan untuk menyisipkan kata kunci yang telah ditentukan. Jika memiliki lebih dari satu gambar, gunakan Alt text yang bervariasi juga.

8. Tingkatkan Kualitas Backlink Website

Faktor yang menentukan perinkat website di mesin pencari tidak hanya dari sisi website anda, namun ada juga faktor luar seperti backlink. Backlink adalah tautan yang mengarah ke website anda dari website lain.

Kualitas backlink sangat penting dalam SEO dan cukup berpengaruh dalam menentukan peringkat website di mesin pencari. Pastikan backlink website anda berasal dari website yang memiliki otoritas yang tinggi dan relevan dengan konten website anda.

Jangan terlalu berpatokan untuk mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya, tanpa memperhatikan kualitas dan relevensi backlink tersebut dengan konten anda. Karena backlink yang banyak namun kualitasnya buruk tidak akan membantu meningkatkan peringkat website, justru bisa menjatuhkannya.

Baca Juga : Daftar Tema WordPress SEO Friendly Gratis Tahun 2022

9. Hubungkan Website ke GSC dan Bing Webmaster

GSC (Google Search Console) dan Bing Webmaster merupakan platform untuk mengenalkan website anda ke Google dan Bing. Dengan kata lain, platform tersebut akan lebih memudahkan mesin pencari untuk mengetahui isi dari website anda dan menampilkannya pada hasil pencarian.

Jika ingin menampilkan halaman website anda di pencarian Google, maka silahkan hubungkan website ke Google Search Console. Sedangkan untuk menampilkan halaman website anda di pencarian Bing, silahkan hubungkan website ke Bing Webmaster.

10. Buat Sitemap XML pada GSC dan Bing Webmaster

Setelah anda menghubungkan website ke GSC (Google Search Console) dan Bing Webmaster, maka langkah penting yang juga harus dilakukan adalah membuat Sitemap XML. Sitemap XML adalah daftar semua halaman yang ada pada website anda.

Membuat sitemap XML sangat penting dalam SEO agar semua isi website anda bisa terdaftar pada mesin pencari. Jika anda menggunakan plugin SEO, maka plugin tersebut sudah memiliki fitur Sitemap XML sehingga tidak perlu dibuat secara manual.

Setelah membuat sitemap XML, anda harus kirimkan sitemap XML tersebut ke Google Search Console dan Bing Webmaster untuk memastikan Google dan Bing dapat mengindeks seluruh halaman yang ada pada website anda.

11. Monitor dan Ukur Performa Website Secara Teratur

Melakukan optimasi SEO memang bukanlah pekerjaan sekali selesai, namun terus berkelanjutan. Jika anda sudah menerapkan semua tehnik SEO yang diperlukan, anda tetap harus memonitor dan mengukur performa website anda.

Memonitor dan mengukur performa website anda secara teratur sangat penting untuk memastikan strategi SEO anda berjalan dengan baik. Anda bisa menggunakan alat seperti Google Analytics atau SEMrush untuk melihat jumlah pengunjung, sumber trafik, kata kunci yang digunakan, dan lain-lain.

Dengan memantau performa website anda secara teratur, anda dapat memperbaiki strategi SEO jika memang optimasi sebelumnya tidak berhasil. Namun, perlu diketahui bahwa optimasi SEO perlu berbulan-bulan agar kelihatan hasilnya. Jadi, jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa strategi SEO anda tidak berhasil.

Penutup

Demikian penjelasan tentang SEO checklist untuk pemula agar bisa meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Dengan mengikuti SEO Checklist yang telah disebutkan di atas, anda dapat meningkatkan peringkat website di mesin pencari dan meningkatkan visibilitas website anda di antara pengguna internet.

Namun, perlu diingat bahwa SEO adalah proses jangka panjang dan anda tidak akan melihat perubahan yang signifikan dalam semalam. Tetap konsisten dan berdedikasi pada strategi SEO anda, dan hasilnya akan datang seiring waktu.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda