Cara Konek ke WiFi Flashzone Seamless di Windows 7

6851

Konek ke WiFi Flashzone Seamless di Windows 7 – WiFi Flashzone Seamless adalah sebuah layanan WiFi yang bisa digunakan secara gratis oleh pengguna Telkomsel. Untuk dapat menggunakannnya anda hanya perlu memiliki sebuah kartu Telkomsel yang masih aktif. Anda bisa konek ke WiFi flashzone seamless untuk mengakses internet secara gratis menggunakan Smartphone Android maupun menggunakan PC/Laptop.

Untuk mengkoneksikan PC/Laptop ke WiFi flashzone seamless maka anda memerlukan sebuah username dan password. Namun, anda tidak perlu bingung bagaimana cara mendapatkan username dan password flashzone seamless. Anda bisa mendapatkan username dan password WiFi Flashzone seamless secara cuma-cuma alias gratis menggunakan aplikasi Telkomsel WiFi di Android.

Jika anda menggunakan PC/Laptop yang menggunakan Sistem Operasi Windows 8 maupun Windows 10, maka anda hanya perlu langsung memasukkan username dan password yang diperoleh dari aplikasi Telkomsel WiFi untuk dapat langsung terhubung ke WiFi flashzone seamless. Namun hal ini tidak berlaku jika anda menggunakan Windows 7, pasalnya meskipun anda sudah memasukkan username dan password maka PC/Laptop anda yang menggunakan Windows 7 tetap tidak akan terhubung ke flashzone seamless. Anda hanya akan mendapatkan sebuah keterangan bahwa proses untuk mengkoneksikan Windows 7 ke flashzone seamless tidak bisa dilakukan. Namun, anda jangan khawatir karena sebenarnya anda tetap bisa menggunakan WiFi flashzone seamless di Windows 7 meskipun harus melakukan pengaturan tertentu.

Cara konek ke WiFi Flashzone Seamless di Windows 7

Meskipun secara default flashzone seamless tidak akan bisa langsung terhubung ke PC/Laptop yang menggunakan OS Windows 7, namun bukan berarti anda tidak bisa menggunakan flashzone seamless di Windows 7. Hanya saja memerlukan pengaturan tersendiri agar PC/Laptop Windows 7 yang digunakan bisa terhubung ke flashzone seamless. Hal ini disebabkan karena WiFi flashzone seamless menggunakan Type Security WPA2-Enterprise.

Agar bisa terhubung ke WiFi flashzone seamless yang menggunakan security WPA2-Enterprise meskipun menggunakan OS Windows 7, maka anda perlu melakukan pengaturan agar username dan password yang akan anda miliki bisa digunakan untuk terhubung ke flashzone seamless di Windows 7. Untuk lebih jelasnya mengenai pengaturan tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Klik kanan pada ikon WiFi yang ada di Taskbar, kemudina pilih Open Network and Sharing Center.

Langkah 2

Pada jendela Control Panel yang muncul, silahkan klik Manage wireless networks yang terdapat pada panel sebelah kiri.

Langkah 3

Pada jendela selanjutnya, klik Add.

Langkah 4

Kemudian klik Manually create a network profile.

Langkah 5

Pada jendela yang muncul, silahkan masukkan Network name dengan ssid network (dalam hasil ini flashzone-seamless), Ubah security type menjadi WPA2-Enterprise, Ubah Encryption type menjadi AES. Kemudian klik Next.

Langkah 6

Selanjutnya klik Change connection settings pada jendela yang muncul.

Langkah 7

Pada jendela wireless properties yang muncul, klik pada Tab Security. Pastikan bahwa Security type menggunakan WPA2-Enterprise dam Encryption type menggunakan AES. Serta Network authentication mode menggunakan Microsoft Protected EAP (PEAP). Jika sudah sesuai, silahkan Settings.

Langkah 8

Pada jendela EAP Properties, hilangkan tanda cek pada Validate server certificate. Lalu klik Configure….

Langkah 9

Pada jendela EAP MSCHAPv2 Properties yang muncul, hilangkan tanda centang pada Automatically use my Windows logon name and password (and domain if any) kemudian klik Ok.

Langkah 10

Klik Ok pada jendela Protected EAP Properties tadi, kemudian pada jendela Wireless properties klik Advanced settings.

Langkah 11

Pada jendela Advanced Settings yang muncul, silahkan centang pada Specify authentication mode:, kemudian pada combo dibawahnya ubah menjadi User authentication. Lalu klik Ok.

Langkah 12

Klik Ok pada jendela Wireless Properties dan klik Close pada jendela sebelumnya.

Langkah 12

Langkah terakhir adalah, silahkan koneksikan ke WiFi flashzone seamless. Masukkan username dan password yang anda miliki pada Jendela Windows security yang muncul lalu klik Ok.

Jika username dan password yang anda masukkan sesuai dan masih bisa digunakna atau masih berlaku, maka PC/Laptop Windows 7 anda akan terhubung ke flashzone seamless dan bisa digunakan untuk internetan sepuasnya.

Itulah cara mengkoneksikan PC/laptop Windows 7 ke WiFi flashzone seamless yang anda miliki agar dapat menggunakannya untuk internetan sepuasnya. Perlu diketahui juga bahwa cara ini bisa juga anda terapkan untuk konek ke WiFi lain yang menggunakan jenis security yang sama, yaitu WPA2-Enterprise.

ARTIKEL TERKAIT

25 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here