Cara Membuat Chrome Menjadi Default Browser di Windows 10

0
144

cara membuat chrome menjadi default browser di Windows 10

Browser merupakan salah satu aplikasi yang harus ada pada sebuah Laptop atau Komputer PC. Hal ini karena saat menggunakan Komputer tentu anda ingin mengakses internet. Pada Windows 10 sendiri sudah ada browser default sehingga bisa langsung digunakan untuk internetan. Namun, anda juga bisa install Chrome dan membuat browser tersebut menjadi default di Windows 10.

Windows 10 memang sudah memiliki browser bawaan, yaitu Microsoft Edge. Jadi, setelah anda install Windows 10, di dalamnya sudah langsung ada browser Edge sehingga bisa langsung digunakan untuk internetan.

Namun, tidak semua orang suka menggunakan Microsoft Edge tersebut, sekalipun sudah mengupgrade Microsoft Edge ke Chromium. Alasannya tentu saja karena sebagian besar pengguna Komputer sudah terbiasa dan nyaman menggunakan Google Chrome. Jadi, tidak heran jika Microsoft Edge kurang banyak digunakan dan tergantikan oleh Google Chrome. Jika anda memang lebih senang menggunakan Chrome, silahkan menjadikannya sebagai peramban web default di Windows 10.

Kenapa Harus Mengubah Browser Default?

Sebenarnya anda tetap bisa menggunakan Google Chrome untuk internetan meskipun tidak mengubahnya menjadi default browser di Windows 10. Anda cukup membuka aplikasi Chrome kemudian menjelajahi situs website yang diinginkan.

Namun, ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika mengubah browser default Windows 10 menjadi Google Chrome. Keuntungan-keuntungan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Saat konek ke WiFi Publik yang butuh login, maka form login akan terbuka di browser default. Artinya, jika anda menjadikan Chrome sebagai default browser, form login tersebut akan langsung terbuka di Chrome. Jadi, tidak perlu login di browser lain kemudian menutupnya dan membuka Chrome untuk internetan.
  • Jika anda memiliki halaman web offline, maka saat dibuka akan terbuka juga di browser default. Jadi, kalau Chrome sudah menjadi browser default Windows 10, halaman web tersebut akan langsung terbuka di Chrome.
  • Saat anda klik link dari aplikasi lain di Windows 10, maka halaman web dari link tersebut juga akan terbuka di Chrome jika sudah dijadikan sebagai browser default.
Baca Juga :
2 Cara Melihat (Mengetahui) Password WiFi di Laptop Windows 10

Oleh karena itu, jika anda memang lebih senang menggunakan Google Chrome, maka silahkan menjadikannya sebagai browser default.

Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser di Laptop

Anda bisa dengan mudah mengubah aplikasi default di Windows 10, termasuk dalam hal ini aplikasi peramban web atau browser. Untuk mengubah web browser default di Komputer Windows 10, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka Settings di Laptop atau PC Windows 10 yang digunakan. Kemudian, pada jendela Settings yang terbuka, silahkan anda klik menu Apps untuk mengatur aplikasi.

pengaturan aplikasi

Pada halaman selanjutnya yang muncul, silahkan anda klik Default apps pada panel sebelah kiri. Kemudian, pada panel sebelah kanan silahkan klik bagian Web browser dan pilih Google Chrome untuk menjadikannya sebagai browser default.

cara menjadikan google chrome sebagai default browser di laptop

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka saat ini Google Chrome sudah menjadi browser default di Laptop Windows 10 yang digunakan. Sebenarnya anda tidak hanya bisa menggunakan cara di atas untuk menjadikan Chrome sebagai browser default. Anda juga bisa menjadikan Mozilla Firefox, Opera, dan browser desktop lainnya sebagai peramban web default.

Penutup

Demikian cara mudah mengubah dan menjadikan Google Chrome sebagai browser default di Laptop Windows 10. Silahkan anda lakukan cara ini jika memang lebih senang menggunakan Google Chrome dibanding peramban web bawaan Windows 10.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda