Antivirus Terbaik untuk Windows 10, Apakah Windows Defender Cukup Bagus?

2516

antivirus terbaik untuk windows 10

Bagi pengguna Windows, tidak terkecuali pada Windows 10 salah satu yang menjadi perhatian adalah masalah keamanan perangkat PC dari serangan virus. Untuk masalah keamanan tersebut maka tentu saja dibutuhkan sebuah Antivirus sebagai pelindung. Antivirus inilah yang akan melindungki perangkat PC atau laptop anda dari serangan virus. Namun yang sering menjadi pertanyaan adalah, apa Antivirus terbaik untuk Windows 10?

Sebenarnya, bagi pengguna Windows 10 anda tidak perlu repot untuk menginstall Antivirus seperti pada Windows 7. Sejak peluncuran Windows 8, Windows sudah menanamkan built-in Antivirus yang disebut dengan Windows Defender. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah Windows Defender adalah antivirus terbaik untuk Windows 10 dan sudah cukup untuk melindungi perangkat PC/Laptop Windows 10 dari serangan virus?

Antivirus terbaik untuk Windows 10, Apakah Windows Defender?

Saat menginstall Windows 10, secara default anda akan memiliki sebuah antivirus bawaan yang sedang berjalan. Antivirus bawaan tersebut adalah Windows Defender yang akan memindai secara otomatis program yang anda buka, melakukan pembaharuan dari Windows Update, dan menyediakan antarmuka yang dapat anda gunakan untuk pemindaian lebih lanjut pada PC Windows 10 anda. Bagian terbaiknya adalah, Windows Defender ini tidak akan membuat kinerja PC Windows 10 anda menjadi lambat.

antivirus terbaik untuk windows 10
Selama ini antivirus Microsoft memang jauh tertinggal jika dibandingkan dengan program Antivirus lainnya. Namun, sejak kehadirannya pada Windows 8 dan terus mendapatkan pembaharuan, hal tersebut tidak berlaku lagi.  Kini Windows Defender sudah cukup bagus untuk melindungi perangkat Windows 10 dari serangan virus. Jadi apakah sudah cukup menggunakan Windows Defender?. Jika anda tidak ingin repot menginstall Antivirus lain, maka Windows Defender bisa dikatakan sudah cukup untuk melindungi perangkat PC Windows 10 yang digunakan.

Apakah Windows Defender Antivirus Terbaik? Bagaimana dengan Antivirus Lain?

Jika anda hendak membandingkan Windows Defender dengan program Antivirus lainnya yang bisa digunakan pada Windows 10, anda bisa saja kecewa. Anda akan menemukan bahwa Windows Defender bukanlah Antivirus terbaik untuk Windows 10. Masih ada program Antivirus lain yang bisa menjadi Antivirus terbaik untuk Windows 10 ini. Pertama, mari kita lihat skor dari AV-TEST yang menemukan bahwa masih tertangkap 99,9% dari “malware yang umum dan lazim” pada bulan April 2017. Selain itu terdapat 98,8% persen serangan zero-day. Avira , salah satu program antivirus unggulan AV-TEST, memiliki nilai yang sama persis untuk nilai April. Meskipun sedikit lebih tinggi dalam beberapa bulan terakhir, jadi nilai keseluruhannya adalah jauh lebih tinggi.

Selanjutnya, keamanan lebih banyak daripada sekedar nilai perlindungan mentah. Program antivirus lain mungkin kadang-kadang melakukan sedikit lebih baik dalam tes bulanan, tapi juga dilengkapi dengan banyak kelemahan. Kelemahan tersebut seperti ekstensi browser yang benar-benar membuat Anda kurang aman, pembersih registri yang mengerikan dan tidak perlu, banyak junkware yang tidak aman, dan bahkan kemampuannya untuk melacak kebiasaan browsing Anda sehingga mereka bisa menghasilkan uang. Selanjutnya, cara mereka menghubungkan diri mereka ke browser dan sistem operasi sering kali menyebabkan lebih banyak masalah daripada yang dipecahkannya. Sesuatu yang melindungi Anda dari virus tapi membuka Anda ke vektor serangan lainnya bukanlah keamanan yang baik.

antivirus terbaik untuk windows 10

Windows Defender tidak melakukan hal-hal seperti ini, ia melakukan satu hal dengan baik, gratis, dan tanpa menghalangi Anda. Plus, Windows 10 sudah mencakup berbagai perlindungan lain yang diperkenalkan di Windows 8. Misalnya, filter SmartScreen yang seharusnya mencegah Anda mendownload dan menjalankan malware, antivirus apa pun yang Anda gunakan. Chrome dan Firefox juga menyertakan Penjelajahan Aman Google, yang memblokir banyak unduhan malware.

Tapi, Jika Anda membenci Windows Defender karena alasan tertentu dan ingin menggunakan antivirus lain, sebaiknya Avira atau Avast . Ini memiliki versi gratis yang bekerja dengan baik, versi pro dengan beberapa fitur tambahan, dan ini memberikan nilai perlindungan yang bagus dan hanya memiliki iklan popup sesekali. Pastikan untuk mencopot pemasangan ekstensi browser yang ingin Anda coba.

Antivirus Tidak Cukup: Gunakan Malwarebytes juga

Antivirus itu penting, tapi akhir-akhir ini, sangat penting bahwa Anda menggunakan program anti-eksploitasi yang bagus untuk melindungi browser dan plug-in web Anda, yang paling ditargetkan oleh penyerang. Malwarebytes adalah program gratis yang kami rekomendasikan di sini.

antivirus terbaik untuk windows 10
Tidak seperti program antivirus tradisional, Malwarebytes pandai menemukan “program yang berpotensi menimbulkan masalah” dan junkware lainnya . Pada versi 3.0, ini juga berisi fitur anti-eksploitasi, yang bertujuan untuk memblokir eksploitasi umum dalam program, bahkan jika serangan zero-day yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Malwarebytes juga berisi anti-ransomware, untuk memblokir serangan pemerasan seperti CryptoLocker. Versi terbaru Malwarebytes menggabungkan ketiga alat ini menjadi satu paket yang mudah digunakan seharga $ 40 per tahun .

Malwarebytes mengklaim bisa menggantikan antivirus tradisional Anda, tapi kami tidak setuju dengan ini. Ini menggunakan strategi yang sama sekali berbeda untuk melindungi Anda: antivirus akan memblokir atau mengkarantina program berbahaya yang menemukan jalan mereka ke komputer Anda, sementara Malwarebytes mencoba menghentikan perangkat lunak berbahaya agar tidak sampai ke komputer Anda terlebih dahulu. Karena tidak mengganggu program antivirus tradisional, sebaiknya Anda menjalankan kedua program tersebut untuk perlindungan terbaik.

Perhatikan bahwa Anda bisa mendapatkan beberapa fitur Malwarebytes secara gratis, namun dengan penuh perhatian. Sebagai contoh, versi gratis program Malwarebytes hanya akan memindai malware dan PUP on-demand-tidak akan dipindai di latar belakang seperti versi premiumnya. Selain itu, tidak mengandung fitur anti-exploit atau anti-ransomware versi premium, meskipun Anda bisa mendapatkan versi beta Malwarebytes Anti-Exploit secara gratis, jika Anda bersedia menangani beberapa bug.

Anda hanya bisa mendapatkan ketiga fitur tersebut dalam versi Malwarebytes seharga $40, yang kami sarankan. Tetapi jika Anda bersedia melepaskan anti-ransomware dan pemindaian malware yang selalu aktif, versi gratis solusinya. Versi gratis Malwarebytes dan Anti-Exploit lebih baik daripada tidak sama sekali, dan Anda pasti menggunakannya.

Jadi kesimpulannya adalah, Windows Defender mungkin bukanlah Antivirus terbaik untuk Windows 10. Namun, Windows Defender sudah cukup bagus untuk melindungi Windows 10 anda dari serangan virus. Tetapi, jika anda tidak suka atau tidak puas menggunakan Windows Defender, maka anda bisa menggunakan program antivirus lain seperti Avira atau Avast. Selain itu, penggunaan antivirus saja tidak cukup, anda juga memerlukan Antimalware seperti Malwarebytes atau program lainnya. untuk melakukan perlindungan yang tidak bisa dilakukan oleh Antivirus.

ARTIKEL TERKAIT

6 KOMENTAR

  1. saya pake antivirus bawaan windwos… my computer jarang diserang virus 😀 ahaha
    my computer aman dari serangan virus karena saya menggunkana dua antivirus, satu komputer. hehehe

    1. Windows Defender
    2. SMADΔV Pro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here